Bagikan

SEMARANG – Globalisasi menuntut orang-orang untuk menguasai pengetahuan dan kemampuan yang dapat digunakan sebagai modal utama untuk berkompetisi dalam ekonomi pasar bebas. Globalisasi juga  membuat negara-negara berkembang merasa harus menyetarakan kualitas dirinya sejajar dengan negara-negara maju dilihat dari human development index (HDI), program for international student assessment (PISA), dan lainnya. Maka perkembangan pendidikan kampus menjadi World Class Islamic University menjadi sebuah keniscayaan.

Dalam rangka menuju ke World Class University Maka Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) berupaya memfasilitasi, meningkatkan kualitas pembelajaran dengan mengembangkan pembelajaran berbasis Student Centered Learning (SCL) yang dilaksanakan oleh fakultas, individu dosen, dan tim pengajar. SCL ini menempatkan mahasiswa sebagai subjek dan dosen sebagai fasilitator.

Fakultas mempersiapkan beberapa hal yaitu (1)   Bekerja sama dengan perguruan-perguruan tinggi di dalam dan luar negeri yang kredibel, (2) Mahasiswa asing yang menjadi mahasiswa di fakultas (3)   Tenaga pengajar dengan gelar doktor (di FKIP para dosen sedang dalam proses menyelesaikan studi  program doktor), (4)   Jaringan IT  yang representative  (5)  Peningkatan fasilitas dan sarana kampus yang bertaraf internasional, (6) Peningkatan mutu pendidikan, dan (7) Prestasi go international.

FKIP Unissula  melakukan pembinaan minat, bakat dan potensi mahasiswa serta pengembangan soft skill mahasiswa. Program ini mencakup (1) pengembangan penalaran mahasiswa, (2) pengembangan bakat dan minat, (3) pengembangan kemampuan berorganisasi, (4) pengembangan kesejahteraan, (5) pengembangan kepekaan sosial, (6) pengembangan jiwa dan semangat kewirausahaan. Pengembangan kemahasiswaan diarahkan untuk peningkataan kualitas manusia Indonesia seutuhnya, yaitu yang beriman, bertaqwa kepada Allah SWT, berakhlaq mulia, berkepribadian islami, maju, trampil, tangguh, kreatif serta sehat jamani dan rohani.

Sasaran pengembangan kemahasiswaan FKIP Unissula bidang kemahasiswaan yakni menitikberatkan sasaran pengembangannya pada tiga hal pokok dalam upaya pengembangan kualitas sumber daya insani yang unggul, antara lain pengembangan kualitas pengetahuan (knowledge), Keterampilan (Skill), dan Sikap (attitude).

Berbagai kompetensi tersebut mendorong mahasiswa dapat berprestasi akademik maupun non akademik. Prestasi membanggakan yang berhasil dicatatkan mahasiswa mahasiswa FKIP Unissula ditahun 2018 antara lain : Nadya Ayuning Pertiwi, Juara I Duta Generasi Berencana Jalur Masyarakat Kabupaten Demak, Helmi Nur Laily, Delegasi Nationwide University Network in Indonesia, di Ubaya 9-10 Juli, dan Siti Zubedah, Juara Internasional Silat Paku Bumi Open di Bogor, 29 Agustus – 2 September.

FKIP Unissula saat ini memiliki tiga prodi unggulan yang semuanya telah terakreditasi B yakni Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1), Pendidikan Matematika (S1), dan PGSD (S1). Lulusan dari FKIP Unissula memiliki serapan kerja yang sangat baik dengan terbukti berhasil mengisi formasi guru CPNS baik daerah maupun pusat. Banyak pula alumninya yang menjadi guru di sekolah sekolah swasta, ada pula yang berwirausaha baik di bidang pendidikan maupun non pendidikan, serta meneruskan pendidikan ke jenjang berikutnya.

FKIP Unissula memiliki berbagai keunggulan antara lain mendidik calon guru dengan pendekatan Budaya Akdemik Islami sehingga menghasilkan calon calon guru yang memiliki karakter kuat untuk membangun sumber daya manusia Indonesia yang tangguh. Menggunakan proses pendidikan yang komprehensif sehingga mahasiswa dapat lulus dalam 7 semester. Mendapatkan pelatihan-pelatihan guru hebat, yang bisa mendidik sesuai dengan bakat dan kemampuan mahasiswa. Proses pendidikannya di desain untuk bisa menjadi guru – guru profesional di sekolah negeri dan swasta.

Fakultas ini juga didukung fasilitas fasilitas terbaik seperti gedung perkuliahan yang representatif, dilengkapi sarana pra sarana penunjang yang lengkap (LCD, AC, dll). Memiliki ruang multimedia, hotspot area wifi, training center dan berbagai fasilitas berkelas lainnya.

Mari bergabung dengan FKIP Unissula untuk menjadi calon guru yang profesional, dan berahlakul karimah sehingga dapat menjawab tantangan pendidikan Indonesia dalam menghasilkan SDM SDM terbaik. Info penerimaan mahasiswa baru Unissula 2019 klik www.pmb.unissula.ac.id.

suarabaru.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here