Bagikan
Pierre Emerick-Aubameyang/dok

VALENCIA – Kiper Arsenal Petr Cech akan melakoni pertandingan perpisahan impian sebelum pensiun. Penjaga gawang berkebangsaan Republik Ceko bakal menghadapi mantan timnya yang juga klub Inggris, Chelsea, pada final Liga Europa di Stadion Olimpiade Baku, 29 Mei mendatang. Cech sukses membawa The Gunners melaju ke partai puncak dengan agregat 7-3 atas Valencia. Pada semifinal leg kedua di Stadion Mestala, Jumat (10/5) dini hari WIB, tim London itu unggul 4-2. Pierre Emerick-Aubameyang mengukir hattrick. Satu gol lagi dicetak Alexandre Lacazette. Gol Valencia diborong Kevin Gameiro.

Cech memutuskan pensiun selepas final Liga Europa. Hebatnya, dia berhasil mewujudkan mimpinya menjalani laga perpisahan menghadapi mantan tim yang membesarkan namanya. Sebelum berseragam Meriam London pada musim panas 2015, kiper 36 tahun ini 11 musim membela The Blues. Dia sukses merengkuh empat gelar Liga Primer Inggris, satu titel Liga Champions, dan Liga Europa.

“Saya tak punya pilihan siapa yang kami hadapi di final. Tim yang berhasil sampai ke final adalah tim yang layak mencapai itu. Ini akan menjadi akhir yang luar biasa bagi karier saya,” tutur Cech. Dia menambahkan keputusan pensiun sudah dipikirkan masak-masak. Pemain yang pernah cedera kepala berat ini lebih suka gantung sarung tangan kiper lebih awal daripada terlambat.

“Saya ingin melakukannya dengan pertimbangan saya sendiri. Mimpi terakhir adalah memainkan final ini, dan itu menjadi kenyataan. Impian saya sekarang adalah memenangi trofi,” papar Cech.

Kelolosan The Gunners juga sangat disyukuri manajer Unai Emery. Pelatih asal Spanyol ini memang spesialis Liga Europa. Sebelumnya, dia telah memenangi trofi itu tiga kali. ”Saya harus angkat topi untuk semua pemain. Mereka tampil memikat terutama selepas kebobolan lebih dulu,” ujar Emery. Dia berambisi meraih piala lagi demi memastikan tiket ke Liga Champions musim depan. (rr)

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here