blank
Direktur PDOW Taman KYai Langgeng Edy Susanto (tengah), didampingi dua staf menunjukkan penghargaan yang diraih BUMD tersebut, (Humas Pemkot Magelang)

 

MAGELANG- Perusahaan Daerah Objek Wisata (PDOW) Taman Kyai Langgeng (TKL) Kota Magelang kembali meraih penghargaan Top BUMD 2019 bidang pariwisata dari Majalah Business News Indonesia bersama Asia Business Research Center serta beberapa lembaga timpPenilai. Penghargaan diterima Direktur PDOW TKL Edy Susanto di Jakarta, beberapa hari lalu.

Edy menerangkan, Top BUMD Award merupakan pemberian penghargaan bagi BUMD yang dinilai berhasil meningkatkan kinerja keuangan dan bisnis, serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dan masyarakat umum. Beberapa tahapan penilaian telah dilalui oleh BUMD yang dikelolanya itu.

‘’Kami telah melewati tahapan mulai dari administrasi, paparan di hadapan tim penilai hingga verifikasi lapangan. Hasilnya bagus, dan kami berhasil meraih penghargaan ini,’’ ungkap Edy,  di kantornya, kemarin (8/5).

Menurutnya, tahun ini merupakan penghargaan Top BUMD ketiga bagi TKL, setelah menerima prestasi serupa pada tahun 2017 dan 2018. Adapun indikator penilaian meliputi strategi pemasaran, pencapaian target, sumber daya manusia (SDM) dan inovasi.

‘’Untuk SDM misalnya, yang dinilai dari segi kesejahteraan dan jaminan kesehatan. Di TKL seluruh pegawai sudah tercover jaminan kesehatan dan ketenagakerjaan, semua ditanggung perusahaan,’’ tutur Edy.

Sedang untuk inovasi, lanjutnya, TKL tidak berhenti untuk berkreasi menciptakan wahana-wahana baru di dalam TKL yang tidak hanya menghibur tapi juga mendidik.

Tahun ini pihaknya membangun ‘Kiddi Town’, yaitu area bermain khusus anak-anak (playground). Kemudian ‘Ufo Car’, dan wahana Jurang Koco Gunung Mujil.

‘’Kami targetkan sebelum Hari Raya Idul Fitri 1440 H selesai dibangun, khususnya untuk Jurang Koco Gunung Mujil yang menjadi satu-satunya di Jawa Tengah. Konstruksi jembatan kaca kami datangkan langsung dari Cina,’’ terangnya.

Penghargaan Top BUMD 2019 yang diraih TKL ini sekaligus mengantarkan Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito meraih penghargaan Top Pembina BUMD 2019.  Selain TKL, Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Kota Magelang juga menyabet penghargaan serupa.

Wali Kota Sigit Widyonindito mengaku bangga dengan torehan prestasi kedua BUMD tersebut. Di sisi lain, penghargaan ini menjadi motivasi BUMD dan lembaga lainnya untuk meningkatkan kinerja yang lebih baik lagi. Terutama dalam pengelolaan keuangan perusahaan yang akuntabel dan transparan.  (hms)