blank
Ketua Pansel Anwar Hamdani (kanan) didampingi Anggota Pansel Sriwiyoso (tengah), menyematkan atribut tanda peserta uji seleksi kompetensi JPTP. Ini dilakukan bersamaan dengan acara pembukaan uji seleksi di UNS Solo.(suarabaru.id/bp)

WONOGIRI – Sebanyak 48 dari 61 pejabat, mulai Kamis (9/5) sampai dengan Jumat (10/5) besok, mengikuti seleksi lanjutan uji kompetensi, untuk pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP). Mereka ini dipersiapkan menjadi kandidat untuk mengisi kekosongan 12 jabatan eselon II, sebagai Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan jabatan kepala dinas dan kepala badan di lingkungan Pemkab Wonogiri.

Ketua Tim Panitia Seleksi JPTP, Dr Anwar Hamdani, SH, SE, MM, MHum, menyatakan, sebanyak 48 peserta itu merupakan hasil seleksi dari tahapan sebelumnya, yang dulu jumlahnya sebanyak 61 orang pejabat. Jumlah 48 itu, merupakan akumulasi dari 12 OPD yang masing-masing terdiri atas 4 peserta. Untuk menyelenggarakan uji kompetensi, Panitia Seleksi (Pansel) menjalin kerja sama dengan Assesment Center dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS).

Materi yang diujikan meliputi kompetensi manajerial, kompetensi bidang/teknik, dan kompetensi sosiokultural. Selain uji kompetensi secara tertulis, juga dilaksanakan diskusi kelompok. Uji kompetensi dilaksanakan secara obyektif, profesional, transparan, dan akuntabel. Dari 48 peserta tersebut, nantinya akan diambil masing-masing 3 terbaik untuk setiap OPD. Namun apabila hasilnya baik semua dan memenuhi syarat, maka semua peserta akan diikutkan tahap berikutnya, yaitu tes wawancara akhir. ”Pada wawancara akhir, pansel akan menentukan tiga nama untuk diusulkan kepada Bupati sebagai Pejabat Pembina Kepegawaian,” jelas Anwar.

Melalui seleksi terbuka ini, diharapkan memperoleh pimpinan berkualitas dan mampu membantu Bupati dalam mewujudkan visi dan misinya. Diharapkan, hasil seleksi akan diserahkan ke Bupati paling lambat pada akhir Mei 2019. Nama-nama ke 48 orang pejabat yang mengikuti uji kompetensi dipilah sesuai formasi di 12 OPD. Untuk formasi Kepala Dinas Komunikasi Informatika (Dinkominfo) terdiri atas Dwi Saputro, Nur Iswantoro, Karyanto Eko dan Totok Sugiyarto.

Kemudian untuk Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan, terdiri atas Edhy Tri Hadiyanto, Herdian, Kharisma Eko Sutiyono dan Wahyu Widayati. Untuk JPTP Inspektorat Kabupaten Wonogiri terdiri atas Dewi Attutianingrum, Mardiyanto, Mulyono, dan Umi Nurjanah. Selanjutnya untuk JPTP Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Pertanahan terdiri atas Ari Tri Budoyo, Edi Djoko Dwiono, Hastomi dan Joko Waluyo.
Untuk JPTP Dinas Pekerjaan Umum (DPU) terdiri atas Danang Erwanto, Haryanto, Prhadi Ariyanto dan Toto Prasojo.

Dinas Peternakan Perikanan Kelautan (Disnakperla) terdiri atas Kikis Santosa, Sawal, Surip Surono dan Sutardi. Dinas Pendidikan Kebudayaan (Gino, Ponco Hawarno, Sriyanto dan Yuli Bangun Nursanti). JPTP Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra (Sigit Purwanto, Sulardi, Sunarso), Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum (Puji Santosa, Sulardi, Tri Wintarti dan Wiyanto). Dinsos (Andika Krisnayana, Bambang Haryanto, Kurnia Listyarini dan Sri Dasumi. Bappeda Litbang (Heru Utomo, Frc Mei Kuswiyanto, Pontjo Mardijono dan Purwadi). Berikut untuk Dinas Lingkungan Hidup (Susilo Sedyono, Setyo Susilo, Sri Wahyu Widayatto, dan Teguh Widodo).(suarabaru.id/bp)