blank
Periksa Kondisi Armada : Kasat Lantas Polres Grobogan AKP I Putu Bagus Krisna memeriksa kondisi armada bus Zentrum bersama Dinas Perhubungan. Pemeriksaan ini dilakukan menjelang arus mudik Idul Fitri 2019. Foto : Hana Eswe.

GROBOGAN – Hari raya Idul Fitri merupakan momen yang identik dengan mudik. Masyarakat Indonesia pada umumnya menggunakan momen mudik ini dengan menggunakan sarana transportasi, baik transportasi pribadi maupun massal.

Transportasi umum massal seperti bus memang sering menjadi angkutan favorit bagi para perantau. Untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan, Satlantas Polres Grobogan memberikan perhatian dengan melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah pool Bus AKAP yang ada di Kota Purwodadi, Kamis (9/5). Kegiatan ini dipimpin Kasat Lantas Polres Grobogan AKP I Putu Bagus Krisna Purnama.

Tujuan pertama yakni pool Bus Zentrum yang berada di Desa Putat, Kecamatan Purwodadi. Di pool armada antar kota antar provinsi (AKAP) tersebut, petugas langsung mengadakan pengecekan satu per satu. Pengecekan tersebut dimulai dari fungsi lampu sign, klakson, hingga peralatan keamanan pendukung yang memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para penumpang.

Tidak hanya itu, petugas juga melakukan pengecekan kesehatan para sopir bus yang hendak melakukan perjalanan. Pemeriksaan tensi darah hingga organ dalam sopir dilakukan guna mengetahui boleh atau tidaknya sopir melakukan perjalanan jauh. Selain itu, mereka juga diberikan vitamin untuk menunjang stamina saat mengemudikan armada bus tersebut.

Kasat Lantas Polres Grobogan AKP I Putu Bagus Krisna mengatakan, pengecekan ini terkait kesiapan dan kelengkapan armada bus agar laik jalan. Di samping itu, pihaknya mengecek kesehatan para sopir dari pengaruh minuman beralkohol yang membahayakan bagi penumpang dan pengendara lainnya di jalan.

“Pengecekan ini kita lakukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan bus AKAP. Kita cek mulai dari armada hingga kondisi kesehatan para sopirnya,” ujar pria berdarah Bali ini.

Dalam pengecekan tersebut, Satlantas Polres Grobogan bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Grobogan. Melalui pemeriksaan ini, ditemukan bagian ban yang sudah gundul pada beberapa kendaraan bus. Kegiatan tersebut mendapatkan antusias dari pemilik pool Zentrum. Mereka menyambut baik adanya kegiatan ini yang berdampak pada keselamatan pengemudi dan penumpang saat berada di jalan.

blank
Temukan Ban Gundul : Dalam pemeriksaan ini, ditemukan sejumlah ban yang sudah gundul. Kasat Lantas mengimbau agar ban tersebut diganti dengan yang lebih baik agar tidak mengganggu perjalanan. Foto : Hana Eswe,

“Sebelumnya kita selalu rutin melakukan pengecekan terhadap armada dan kesehatan sopir. Namun, kita menyambut baik pengecekan dari kepolisan ini untuk evaluasi ke depan. Tadi ada pemberian vitamin kepada sopir, kita belum pernah melakukan ini. Ke depan, kita akan berikan untuk menjaga kesehatan sopir,” ucap Michael, pengelola pool Zentrum Purwodadi di sela-sela pemeriksaan tersebut.

Melalui kegiatan ini, Kasat Lantas mengimbau kepada para pengusaha bus agar selalu mengadakan pengecekan terhadap armada serta kesehatan pengemudi. Hal tersebut bertujuan agar tidak membahayakan para penumpang dan para pengguna jalan lainnya supaya terhindar dari kecelakaan.

suarabaru.id/Hana Eswe.