blank
Pedagang di Pasar Bandung, Tegal Selatan, Kota Tegal melayani pembeli sembako. Foto : SuaraBaru.id/Hoed

TEGAL – Pemkot Tegal melalui Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan dalam waktu dekat ini akan menggelar Operasi Pasar (OP) dan Pasar Murah di empat kecamatan selama Ramadan. Hal itu dilakukan untuk menstabilkan serta mengendalikan harga sembako seiring dengan meningkatnya jumlah kebutuhan selama puasa dan lebaran di pasar tradisional.

Menurut Kepala Dinkop UKM dan Perdagangan, Khaerul Huda, kemarin, pihaknya sudah menyiapkan Operasi Pasar dengan menggandeng pihak terkait, termasuk Perum Bulog Sub Divre IV Pekalongan. Sesuai rencana kegiatan tersebut akan dilaksanakan di sejumlah titik strategis untuk menjangkau masyarakat seperti pasar tradisional dan kecamatan. “Untuk Pasar Murah, kami menyiapkan 8.000 paket sembako yang disebar ke empat kecamatan pada 20 – 23 Mei mendatang,” katanya.

Dia mengemukakan, untuk paket sembako yang dijual Rp 60.000 dengan subsidi dari Pemkot Tegal Rp 30.000. Dengan demikian, masyarakat pemegang kupon berstatus warga penerima bantuan subsidi bisa membayar paket sembako hanya seharga Rp 30.000.

Sementara itu, Kabid Perdagangan, Wineksi Dwi Prabandani menambahkan, dalam pelaksanaan Operasi Pasar dan Pasar Murah akan lebih difokuskan pada beberapa komoditas pangan. Antara lain, beras, minyak goreng, tepung terigu, gula pasir, dan daging beku sudah disiapkan Bulog untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat. Selain itu, untuk komoditas bumbu dapur seperti bawang merah dan putih atau cabai baru akan digelar Operasi Pasar sesuai arahan dari pemerintah pusat.(SuaraBaru.id/Hoed)