blank
Bersamaan dengan diadakannya lomba mancing di Waduk Gajahmungkur, Wonogiri, Kapolres AKBP Uri Nartanti Istiwidayati (tengah) berkenan menebarkan 10 ribu benih ikan untuk tujuan pelestarian potensi sumber hayati perikanan air tawar.(suarabaru.id/bp)

WONOGIRI – Lomba mancing tingkat nasional, Minggu (5/5), digelar di perairan Waduk Gajahmungkur Kabupaten Wonogiri. Lomba ini diikuti 2.298 orang pemancing dari berbagai daerah, seperti wilayah Solo Raya, Semarang, Demak, Kudus, Jepara (Jateng) Cirebon (Jabar) Gunung Kidul Wonosari DI Yogyakarta, Magetan, Pacitan, Madiun dan Nganjuk (Jatim), dari DKI Jakarta dan Palembang (Sumsel).

Lomba dilangsungkan di bibir barat perairan Waduk Gajahmungkur, Wonogiri, di kawasan Wisata Baru Batu Lebar di Dusun Kedungjati, Desa Gumiwanglor, Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri. Lomba yang dikemas sebagai Ramai-ramai Mancing Bareng Bersama Kapolres Wonogiri ini, melibatkan para pecinta mancing dari Komunitas Pletes Mania Indonesia, Komunitas Nyobok Mania Indonesia dan Komunitas Mancing Indonesia.

Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti Istiwidayati melalui Paur Subag Humas Polres Aipda Iwan Sumarsono, Senin (6/5), menyatakan, lomba mancing ini, sekaligus dalam rangka kegiatan acara Hari Bhayangkara Ke-73 Polres Wonogiri. Juga sebagai upaya menjalin kebersamaan jajaran Polri dengan warga masyarakat utamanya bagi mereka yang memiliki hobi mancing.

Kategori yang dilombakan, terdiri atas jenis mancing nyobok (sambil berendam di perairan Waduk Gajahmungkur), mancing lemparan atau mancing casting dari bibir pantai.

Tim juri memilah nomor yang dipertandingkan berdasarkan hasil ikan yang terpancing. Yakni ikan jenis Nila dan Non-nila, dengan ketentuan paling berbobot. Untuk nomor Nila, juara I, II dan III dimenangi oleh Pemancing  Rena, Bayu dan Awalidin, masing-masing asal Kota Solo dan dari Kecamatan Nguter Kabupaten Sukoharjo. Juara Harapan I, II dan III masing-masing dimenangi oleh Pemancing Jambal Militant, Santosa dan Bakso SMK dari Kabupaten Klaten.

Untuk nomor ikan Non-nila juara I, II dan III diraih oleh Pemancing Faturrohman dari Sragen, Andri dan Iwan dari Palur Solo. Selanjutnya juara harapan I, II dan III dimenangi oleh pemancing tuan rumah Wonogiri (Yatno), Kebo dari Ceplukan dan Heru dari Jambal Militant.

Kepada para juara, diberikan piala, hadiah dan piagam penghargaan. Panitia juga memberikan hadiah sepeda motor kepada pemancing beruntung, yakni Sumarno, dari Baki, Kabupaten Sukoharjo.

Bersamaan dengan lomba mancing tingkat nasional ini, Kapolres AKBP Uri Nartanti bersama para perwira Polres, berkenan menebarkan benih ikan sebanyak 10 ribu ekor ke perairan Waduk Gajahmungkur, Wonogiri. Tujuannya, untuk mendukung upaya pelestarian potensi sumber hayati perikanan air tawar di waduk yang legendaris tersebut.

suarabaru.id/bp