blank
Wali Kota Sigit Widyonindito saat memberikan pengarahan kepada ASN Disnaker Kota Magelang (Humas Pemkot Magelang)

 

MAGELANG- Hari pertama puasa Ramadan 1440 Hijriah Senin  (6/4), Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Magelang.

Dia ingin memastikan para pegawainya tetap disiplin menjalankan tugas, meski sedang menjalani ibadah puasa.

Sigit tiba di kantor di Jalan A Yani No319, Kramat Utara, Kecamatan Magelang Utara, sekitar pukul 07.50.

Sebagian besar pegawai sudah berada di kantor. Namun ada 4 orang pegawai yang datang terlambat. Selama puasa Ramadan Pemkot Magelang memberlakukan jam masuk kantor pukul 08.00.

‘’Saya ke sini tidak direncanakan, tapi sudah biasa saya lakukan. Hal ini tidak lain untuk memastikan para pegawai disiplin,’’ ujarnya kepada para pegawai Disnaker.

Sigit meminta 4 orang yang datang terlambat supaya tidak mengulangi lagi pada hari berikutnya. Begitu juga dengan pegawai lainnya. Sebab sebagai aparat sipil negara (ASN) sudah seharusnya menunaikan kewajiban untuk melayani masyarakat dan membantu pimpinan mewujudkan visi dan misinya.

‘’Disiplin itu dari hati, tidak hanya formalitas. Kalau jam 11 pulang itu bukan enterpreneur membantu pimpinan dalam mengelola pemerintah, ikut berupaya bagaimana kemiskinan turun, menekan pengangguran, membuat kota bersih dan sebagainya,’’ tegasnya.

Mantan Kepala DPU Kota Magelang menegaskan, Disnaker memiliki tugas yang tidak ringan. Instansi ini harus dapat memetakan angka pengangguran, kemiskinan, meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), sampai mengoptimalkan balai latihan kerja (BLK).

Kepala Disnaker Kota Magelang, Gunadi Wirawan, mengaku bangga kantornya dikunjungi oleh orang nomor satu di Kota Magelang.  Sidak tersebut merupakan wujud perhatian pimpinan kepada bawahannya, sekaligus motivasi agar para pegawai Disnaker lebih giat bekerja.

‘’Kami bangga dan berterimakasih, karena ini sama dengan wujud perhatian bapak wali kota kepada kami, sehingga kami lebih termotivasi untuk giat bekerja dan tentu meningkatkan disiplin,’’ ungkapnya. (hms).

Editor : Doddy Ardjono