blank
Virgil van Dijk/dok

NEWCASTLE – Liverpool memastikan persaingan memperebutkan gelar juara Liga Primer Inggris musim 2018-2019 berjalan hingga laga paripurna selepas The Reds menang 3-2 atas Newcastle United pada pertandingan ke-37. Si Merah dibuat menderita dalam duel di St James’ Park, Minggu (5/5) dini hari WIB. Gol kemenangan The Kop dicetak pemain pengganti Divock Origi pada menit ke-86. Dua gol tim tamu terdahulu dilesakkan Virgil van Dijk dan Mohamed Salah. Sementara dua gol The Magpies diceploskan Christian Atsu dan Salomon Rondon.

Saat ini Liverpool memimpin klasemen dengan mengemas 94 poin dari 37 partai. The Anfield Gank unggul dua angka di depan rivalnya, Manchester City. Namun, City punya satu laga  lebih sedikit. Penentuan titel kampiun bakal ditentukan pada pekan terakhir yang dimainkan Minggu (12/5). Liverpool menjamu Wolverhampton Wanderers, sedangkan City tandang ke Brighton & Hove Albion. “Ini hampir seperti dongeng. Sekarang kami sudah lolos untuk final melawan Wolves,” tutur Manajer Liverpool Juergen Klopp.

Dia mengaku tak tertekan dengan situasi saat ini. Dia menegaskan jika takdirnya juara, maka itu akan terjadi. “Saya hanya perlu membantu pemain. Saya tak merasakan ada tekanan,” ungkap Klopp.

Sementara itu, Mo Salah berhasil menorehkan sebuah pencapaian lewat golnya ke gawang Newcastle. Kini, penyerang berkebangsaan Mesir ini telah mencetak 100 gol pada ajang liga di Eropa. Sebanyak 56 gol dibukukan pesepak bola 26 tahun itu di Premier League, 35 gol di Seri A Liga Italia bersama AS Roma, dan sembilan gol di Liga Swiss saat masih berseragam Basel. Sayang, Salah mengalami cedera lantaran bertabrakan dengan kiper Martin Dubravka sehingga harus ditarik keluar lapangan menggunakan tandu. Dia mengalami luka di bagian kepala.

Klopp memastikan Salah tak mengalami cedera serius. Kendati begitu, peluangnya untuk turun menghadapi Barcelona pada semifinal leg kedua Liga Champions, Rabu (8/5), menjadi tanda tanya. ”Kami akan melihat kondisi terakhirnya nanti. Yang pasti absen adalah Roberto Firmino,” papar Klopp. (rr)