blank

TEMANGGUNG-  Menjelang  bulan Ramadhan, harga jual telur ayam ras di Pasar Kliwon Rejo Amertani Temanggung mengalami kenaikan sekitar Rp 3.500 per kilogramnya dari Rp 20.000 menjadi Rp 23.500 per kilogramnya.

“Kenaikan harga telur ayam ras ini sudah terjadi sejak  dua pekan lalu. Kenaikan harga ini terjadi dalam dua tahap, yakni  dari harga Rp 20.000 perkilogram menjadi Rp 21.000 perkilogram pada pertengahan April lalu. Kemudian, di minggu akhir April kembali naik menjadi Rp 23.500 perkilogram,” kata  Wiwin, salah satu pedagang telur ayam di Pasar Kliwon Rejo Amertani Temanggung.

Wiwin mengatakan, kenaikan harga telur ayam tersebut selalu terjadi menjelang bulan Ramadhan hingga lebaran mendatang. Hal ini dikarenakan  permintaan akan telur ayam ras mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Sedangkan pasokan dari peternak tidak ada penambahan.

Ia menambahkan, sebelum terjadi peningkatan harga,  dalam sehari dirinya dipasok oleh peternak sebanyak lima peti telur ayam. Satu peti telur ayam tersebut mempunyai berat lima kilogram.

Namun, pihaknya tidak menerima tambahan dari peternak, meskipun  permintaan akan telur ayam terus meningkat. Menurutnya, peningkatan konsumsi telur ayam ras tersebut dikarenakan menjelang bulan Ramadhan di beberapa wilayah di Kabupaten Temanggung sebagian masyarakat setempat menggelar tradisi nyadran atau slametan desa.

“Banyaknya masyarakat di sejumlah wilayah di Temanggung yang menggelar nyadran , sehingga kebutuhan akan telur ayam tersebut meningkat,” ujarnya. Suarabaru.id/yon

Menjelang  bulan Ramadan, harga jual telur ayam ras di Pasar Kliwon Rejo Amertani Temanggung mengalami kenaikan sekitar Rp 3.500 per kilogramnya dari Rp 20.000 menjadi Rp 23.500 perkilogramnya. Foto: Suarabaru.id/yon