blank

 

SOLO- Sebanyak 1.621 orang diantara  16.549 peserta tidak hadir pada Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Pusat  Universitas Sebelas Maret (UNS) tahun 2019  gelombang  I. Ketidak hadiran peserta  yang mencapain 9,8 persen disebut sebut sehubungan pihak bersangkutan telah diterima di perguruan tinggi melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMNPTN) 2019.

“UTBK diperuntukan bagi mereka yang hendak mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Padahal Mereka yang telah dinyatakan diterima melalui jalur SNMPTN, tidak bisa mengikuti SBMPTN,” kata Rekor UNS Prof Jamal Wiwoho, Sabtu (4/5).

Lebih lanjutdikatakan, peserta UTBK  di Pusat UNS  sebanyak 39.479 orang. Dalam pelaksanaannya mereka ini akan melaksanakan UTBK dalam dua gelombang . Gelombang I diikuti  18. 425 peserta dan berlangsung  dalam  dalam 10 sesei mulai  13 April  – 4 Mei 2019.

Sedangkan Gelombang II  diikuti 21.054 peserta serta bakal berlangsung dalam 10 sesi mulai  11 Mei – 26 Mei 2019. Peaserta UTBK  selanjutnya  bisa mengikuti seleksi  SBMPTN  ataupun selesi mandiri  p[ada peruruan tinggi yang dipilih. Dalam UTBK Pusat UNS gelombang I terdapat  salah seorang peserta  tuna netra.  Peserta tuna netra yang mengikuti UTBK diberi fasilitas khusus berupa software Screen Reader dan Riglet, terangnya  .

Narasi Audio.

Secarta terpisah Ketua  Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Prof Dr Ravik Karsidi MS  dalam keterangan pers yang diterima  Suarabaru.id menyatakan, karakter materi UTBK  bagi peserta tunanetra semuanya dinarasikan dalam bentuk audio berupa bahasa.

Item soal telah diakomodasi berdasarkan kemampuan dan keterbatasan tunanetra. Isi/materi tes setara dengan peserta yang dapat melihat. Sedangkan waktu pengerjaannya sama dengan peserta lain, tetapi jumlah soal dikurangi 20 persen.

Selain itu,teks bacaan tidak lebih dari tiga praragraf dan menghindari kata-kata visual. Selanjutnya gambar/tabel/ grafik dinarasikan atau dimodifikasi dan sistem operasinya menggunakan keyboard, tanpa mouse. Jumlah peserta UTBK 2019 yang terdaftar sebagai peserta disabilitas tunanetra sebanyak 70 peserta yang terbagi dalam dua gelombang.

Suarabaru.id/Adji W