blank
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berbincang dengan Gubernur Akpol baru Irjen Achmad Juri

SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo  meyakini bahwa pergantian jabatan di Akpol merupakan hal lumrah dan akan memberikan dampak positif. Yakni semakin memperbaiki citra pendidikan pembentukan perwira itu.

“Memang ada beberapa kurikulum yang sedang diperbaiki di Akpol agar semakin hari bisa menunjukkan para taruna bisa mengikuti perkembangan zaman,” katanya saat menghadiri serah terima jabatan Gubernu Akpol, Sabtu (4/5) di Lapangan Bhayangkara Kompleks Akpol Semarang.

Menandai pergantian orang nomor satu di Akpol itu, dilaksanakan Upacara Serah Terima Jabatan Gubernur Akpol dari Irjen Pol Dr. Rycko Amelza Dahniel, M. Si kepada Irjen Pol Achmad Juri

Menurut Ganjar, salah satu rotasi jabatan di jajaran Kepolisian Republik Indonesia (Polri) juga diberlakukan untuk jabatan Gubernur Akademi Kepolisian (Akpol), maka pihaknya berharap pergantian ini sekaligus bakal memperbaiki kurikulum pendidikan pembentukan perwira yang up todate.

Selain Ganjar, sejumlah perwira tinggi Polri juga tampak hadir pada acara serah terima jabatan tersebut. Di antaranya Kalemdiklat Komjen Pol Arif Sulistianto, mantan Gubernur Akpol yang kini menjabat Kapolda Jateng Irjen Pol Dr. Rycko Amelza Dahniel, M. Si. Terkait perbaikan kurikulum, Ganjar bahkan telah menyampaikan langsung pada Irjen Pol Achmad Juri sebagai Gubernur Akpol yang baru. “Tadi sudah ngomong dengan Gubernur Akpol yang baru dari Lemdiklat juga ada, tampaknya mereka sudah mengantisipasi perkembangan,” ujarnya.

Irjen Pol Achmad Juri merupakan Alumni Akpol tahun 1987 yang sebelumnya menjabat selama 12 bulan 15 hari sebagai Kapolda NTB. Upacara serah terima itu berlangsung sangat menarik, terlebih dengan penampilan Drum Band Corps Cendrawasih. Beragam aksi dipertontonkan di hadapan pembinanya yang baru serta sejumlah perwira tinggi Polri dan Gubernur Jateng.

Dengan jabatan barunya tersebut, Irjen Pol Achmad Juri telah resmi memegang kendali seluruh bakat dan perkembangan para calon perwira di Akpol, salah satunya adalah Drum Band Corps Cendrawasih yang selalu memiliki pertunjukan yang memukau. “Bagus. Penampilan bagus. Tadi sambutan di sini juga sangat bagus mudah-mudahan ini akan membuat Akpol jauh lebih baik,” kata Ganjar.

Suarabaru.id/Tim