blank
Bupati Kudus HM Tamzil (kiri) bersama pelatih Subangkit (dok)

KUDUS – Persiku Kudus semakin intensif melakukan persiapan menghadapi Liga 3 2019. Saat ini tim asuhan Subangkit tengah mematangkan kerangka tim. Bupati Kudus HM Tamzil bertekad mengembalikan kejayaan Laskar Macan Muria bersaing di level persepak bolaan nasional yang lebih tinggi. ”Kekompakan tim semakin baik di bawah arahan Pak Bangkit. Para pemain mulai memahami strategi dan pola yang diinginkan pelatih. Semangat berlatih pemain pun sangat tinggi. Ini yang menjadi optimisme kami untuk berprestasi dan kembali naik kasta ke Liga 2. Semua elemen harus kompak,” ungkap Tamzil yang dijuluki ”Bapak Persiku”.

Dia yakin di bawah polesan Subangkit skuadkebangaan warga Kota Kretek itu akan moncer di Liga 3 nanti. Agar manajemen tim kuat, HM Bismark dipilih sebagai manajer. Bismark adalah sosok yang tak asing di Persiku. Dia pernah mengantarkan Macan Muria promosi ke kasta tertinggi pada 2007 (masuk Divisi Utama). Setelah dilantik sebagai bupati Kudus pada 23 September 2018, Tamzil mengapresiasi kinerja manajemen Persiku. Menurut dia Subangkit punya ikatan emosional, karena dulu pernah melatih di Kudus dan berjaya.

”Saya hargai upaya manajemen yang serius mempersiapkan semua. Kami harus bangkit selepas tenggelam hampir 11 tahun,” paparnya. Mantan wakil bupati Semarang ini berharap Subangkit mampu mewujudkan impiannya. Reputasi mantan bek tim nasional itu tak usah diragukan.

Dalam pada itu, Subangkit menyatakan fokus timnya sekarang membangun kekompakan. Juru taktik asal Pasuruan itu menilai kekompakan antarpemain sangat penting untuk menghadapi kompetisi yang ketat dan berat. ”Anak-anak sudah lama berkumpul. Mereka telah saling memahami satu sama lain. Kalau Pak Bupati saja yakin, saya juga dong,” ujar Subangkit. (rr)