Bagikan
Kepala SD Negeri 1 Wonosobo Turdiyati S Pd MM Pd mengalungkan mendali kepada anak didiknya yang berhasil menjuarai lomba senam Pramuka pada gelaran Persari Kwarda Jawa Tengah. Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka

WONOSOBO-SD Negeri 1 Wonosobo meraih juara 1 senam Pramuka dalam lomba pesta siaga Perkemahan Satu Hari (Persari) tingkat Kwarda Provinsi Jawa Tengah di Bumi Perkemahan Candra Birawa Karanggeneng, Semarang. Mereka  mendapat pengalungan medali dari Kepala SDN 1 Turdiyati, S Pd MM Pd.

Pengalungan mendali pada siswa berprestasi di bidang Pramuka dilakukan, Jumat (3/5) pagi, usai dilakukan senam bersama di halaman sekolah di Jl Tentara Pelajar No 7 Wonosobo. Sebelumnya, Barung SDN 1 pada juga meraih juara pesta siaga tingkat Karsidenan Kedu di Temanggung.

Pada saat yang sama, diserahkan juga piala lomba dokter kecil kepada siswa kelas V atas nama Renanda Vida Mirza Zamzami dan peraih juara lomba menulis surat kepada Bupati Wonosobo atas nama Wiska Adiastiarasty Titian Nirwana Kita. Peraih juara lomba pramuka, dokter kecil dan menulis surat kepada Bupati mengharumkan nama SDN 1 Wonosobo.

Kepala SDN 1 Wonosobo Turdiyati S Pd MM Pd mengaku cukup bangga dengan torehan prestasi yang dicapai anak didiknya. Semua itu tentu saja tidak terlepas dari ikhtiar yang dilakukan anak-anak dan guru pendamping yang telah bekerja keras untuk meraih juara sebelum dilaksanakan lomba.

“Selain itu, dukungan moral dan spiritual berupa doa dari orang tua dan guru menjadi modal yang sangat berharga bagi anak-anak untuk merengkuh prestasi. Sejak dari lomba tingkat Kecamatan, Kabupaten, Karsidenan Kedu hingga maju di Propinsi Jawa tengah suport dari orang tua murid sangat luar biasa,” sebutnya.

Melalui keikutsertaan dalam lomba pramuka di tingkat Kwarda Jawa Tengah, imbuh Turdiyati, anak-anak mendapatkan pelajaran yang sangat berharga menyangkut pendidikan karakter, mental spiritual, kedisiplinan, kemandirian, kegotong-royongan dan sportifitas. Mudah-mudahan tahun depan bisa tetap mempertahankan juara yang sama.

Aneka Lomba

Wakil Ketua Kwarcab Pramuka Wonosobo Dra Sri Widyastuti M Pd mengatakan Persari Kwarda

tingkat Jawa Tengah diikuti kurang lebih 360 siswa SD/MI yang merupakan perwakilan 6 Binwil di Jawa Tengah, yakni Binwil Banyumas, Kedu, Surakarta, Semarang, Pekalongan dan Pati. Masing-masing Binwil mengirim 3 Barung Putra dan 3 Barung Putri.

Kontingen Barung dari Binwil Kedu foto bersama usai tampil dalam lomba tari senam Pramuka. Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka

“Peserta putra dari Binwil Kedu diwakili oleh SDN 1 Wonosobo, SDN 6 Wonosobo dan SDN 1 Selomerto. Sedang Barung Putri berasal dari MI Hidayatussibyan Wadaslintang, SDN 2 Wonosobo dan SD Al Kautsar Temanggung”, ujar Bu Wid, yang juga menjabat sebagai Kepala SMAN 1 Mojotengah Wonosobo tersebut.

Adapun juara 1-3 berturut-turut dipegang Binwil Banyumas, Binwil Pekalongan dan Binwil Semarang. Juara harapan 1-3 diraih Binwil Pati, Binwil Pekalongan dan Binwil Kedu. Adapun juara 1-3 senam pramuka putri direbut Binwil Kedu, Binwil Banyumas, Binwil Pati. Juara 1-3 senam pramuka putra Binwil Kedu, Binwil Banyumas dan Binwil Pekalongan.

Sebagai Wakil Ketua Kwarcab Bidang Bina Muda, Sri Widyastuti mengatakan prestasi yang diraih Binwil Kedu  dalam lomba pesta siaga di tingkat Jawa Tengah merupakan buah dari ketekunan dan kedisiplinan dalam berlatih sebelum menghadapi lomba. Kerja keras guru pembina dan doa dari orang tua sangat berarti bagi keberhasilan anak-anak.

“Tahun depan Wonosobo akan menjadi tuan rumah dalam lomba pesta siaga Binwil Kedu. Mudah-mudahan dalam perhelatan tersebut, anak-anak pramuka siaga di Wonosobo bisa mempertahakan juara. Karena dalam kegiatan yang sama hampir setiap tahun wakil Wonosobo selalu mampu merebut juara,” katanya.

Ketua Kwarcab Pramuka Wonosobo Ir H Agus Subagiyo MSi yang juga Wakil Bupati setempat mengapresiasi prestasi di bidang pramuka yang dicapai oleh siswa-siswi SD/MI yang mewakili Wonosobo. Hal tersebut tentu cukup membanggakan karena mereka telah mengharumkan nama baik kota pegunungan di Jawa Tengah.

SuaraBaru.id/Muharno Zarka

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here