Bagikan
Kegiatan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 di Hotel Atria, Kota Magelang, (Humas Pemkot Magelang)

 

MAGELANG- PDI Perjuangan meraih suara terbanyak Pemilu 2019 di Kota Magelang. Dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 di Hotel Atria Magelang, Rabu (1/5), partai berlambang kepala banteng ini meraih 24.004 suara.

Suara terbanyak kedua diraih Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebanyak 9.651 suara. Kemudian disusul tempat ketiga oleh Partai Demokrat dengan 9.498 suara, keempat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan 8.176 suara, dan kelima Partai Golkar dengan 6.049 suara.

Saksi dari kelima partai peraih suara terbanyak menandatangani berita acara setelah selesai rapat pleno terbuka tersebut. Partai Gerindra yang tidak masuk dalam lima besar itu keberatan dan tidak berkenan menandatangani berita acara.

Ketua KPU Kota Magelang, Basmar Perianto Amron menerangkan, suara yang diraih kelima partai ini sudah merupakan total dari tiga daerah pilihan (Dapil). Yakni Dapil 1 Kecamatan Magelang Selatan, Dapil 2 Kecamatan Magelang Tengah, dan Dapil 3 Kecamatan Magelang Utara.

‘’Secara umum rapat pleno terbuka berjalan lancar. Hasil rekapitulasi tidak ada yang berbeda dari perhitungan tingkat kecamatan. Saksi kelima partai pendulang suara terbanyak itu sudah menerima hasilnya. Hanya satu yang keberatan, yakni saksi dari Partai Gerindra,” ujarnya di kantornya, kemarin (2/5).

Keberatan Gerindra, lanjut  Basmar,  karena ada kejadian khusus di Dapil 3 Utara. Yakni  TPS 12 dan 13 terjadi surat suara tertukar Dapilnya. Tertukarnya surat suara yang jumlahnya 1-2 surat ini tidak tertulis di formulir C2 (catatan kejadian khusus).

‘’Berdasarkan peraturan, surat suara yang tertukar apabila tercoblos akan menjadi suara sah partai, bukan caleg. Kalau tidak tercoblos, maka menjadi suara tidak sah. Keberatan ini kami terima dan dicatat, tapi tidak berpengaruh pada rapat pleno terbuka,’’ tuturnya.

Mengenai perolehan kursi di DPRD Kota Magelang, Basmar mengaku, pihaknya tidak bisa menentukan saat ini. Dia menuturkan, perolehan kursi nanti dihitung berdasarkan suara terbanyak di tiap Dapil.

‘’Dari hasil penghitungan suara, sebenarnya sudah terlihat perolehan kursinya tiap partai. Kami tidak bisa mengatakan sekarang. Intinya, hasil rapat pleno kemarin kita kirim ke KPU  Jateng untuk diplenokan nanti Senin (6/5),’’ terangnya.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Magelang Budi Prayitno menjelaskan, hasil rapat pleno terbuka tidak berbeda dari catatannya sebelum dimulainya rapat. Pihaknya pun yakin akan mendapat 9 kursi di legislatif atau bertambah dua kursi dibanding hasil Pemilu 2014.

‘’Target kami masing-masing Dapil nambah satu kursi. Prediksi Dapil Selatan dan Utara pasti nambah, sedangkan Dapil Tengah agak sulit. Tapi, hasilnya ternyata Dapil Tengah yang malah melampaui target, sedangkan Dapil Utara malah kurang suara,’’ ungkapnya. (hms)

Editor : Doddy Ardjono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here