Bagikan
Verawati bersama Joko Sutopo, dalam acara lounching buku karyanya. Foto: suarabaru.id/edi

WONOGIRI-Verawati Joko Sutopo, istri Bupati Wonogiri, Jumat (3/5) meluncurkan sebuah buku berjudul “Membangun Keluarga 4 W 5 Sempurna”, di aula SKB Wonogiri.

Acara tersebut dihadiri Bupati Wonogiri Joko Sutopo, anggota DPR RI Bambang Patjul, sejumlah anggota fraksi PDIP DPRD Wonogiri, tokoh masyarakat dan pegiat literasi di Wonogiri.

Pada kesempatan tersebut, Verawati menjelaskan, konsep 4W 5Sempurna berangkat dari ajaran dalam budaya Jawa tentang apa yang harus dilakukan orangtua supaya keluarganya sejahtera.

“Konsep itu lalu dibawa ke masyarakat untuk mengingatkan mereka kembali akan arti penting sehuah keluarga. Mengapa diingatkan? Karena nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya akan tetap latak dan selaras sampai kapan pun dalam rangka mewujudkan keluarga yang bahagia,” kata Verawati sembari menjabarkan yang dimaksud 4 W adalah wareg, waras, wasis, wanggon dan waskita.

Dalam kesempatan yang sama, Joko Sutopo, Bupati Wonogiri yang juga suami Verawati, menuturkan bahwa lahirnya buku yang ditulis istrinya tersebut berawal dari sebuah keresahan. “Istri saya tahu persis rumah tangga yang ideal, namun itu sulit diterspkan di rumah tangga saya, karena saya harus merampungkan tugas tugas saya sebagai Bupati dan juga tugas tugas sebagai ketua partai. Keresahan itu akhirnya dilampiaskan dalam bentuk tulisan, dan lahirlah buku ini,” papar Joko dalam peluncuran buku tersebut.

Suarabaru.id/edi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here