blank
Ketua PMI Kota Magelang Sumartono ketika menyumbangkan darahnya ke PMI setempat, (Humas Pemkot Magelang)

MAGELANG- Antisipasi kekurangan stok darah pada bulan puasa, PMI Kota Magelang melakukan terobosan dengan mengadakan kegiatan ‘Doorprize Donor Ramadan 2019’. Kegiatan itu dilaksanakan 1 April hingga 30 Juni 2019.

‘’Sejak 1 April hingga hari ini tercatat sekitar 900 orang pendonor,’’ kata Ketua PMI Kota Magelang, Sumartono, Selasa (30/4) di kantornya.

Mantan Ketua Kwarcab Pramuka Kota Magelang itu menerangkan, dalam penyediaan stok darah, tantangan terbesar bagi Unit Donor Darah (UDD) PMI adalah menyediakan darah dalam jumlah yang cukup namun tidak berlebihan dengan angka yang konsisten setiap bulan.

Menurutnya, hal itu menjadi tantangan. Karena pada waktu-waktu tertentu jumlah pendonor dapat menurun secara signifikan, yang berdampak langsung kepada kemampuan UDD PMI untuk menyediakan produk darah.

‘’Penurunan angka kunjungan pendonor darah terutama paling besar selama bulan puasa hingga dua minggu setelah Hari Raya Idul Fitri. Keadaan seperti ini dialami UDD PMI di semua darah,’’ tuturnya.

Sumartono yang sehari-hari menjabat Inspektur Inspektorat Kota Magelang mengemukakan, menyikapi kondisi seperti itu, PMI Kota Magelang menyiapkan beberapa langkah antisipasi untuk tetap mempertahankan stok darah dalam jumlah yang cukup selama puasa hingga pasca Lebaran.

‘’Karena itulah kami menyelenggarakan kegiatan ‘Doorprize Donor Ramadan 2019’ yang direncakan rutin diadakan setiap tahun,’’ ujarnya.

Syarat dan ketentuan mengikuti program ‘Dooeprize Donor Ramadan 2019’ antara lain berlaku untuk pendonor yang telah menerima kupon dari petugas UDD PMI setelah selesai melakukan donor darah. Calon pendonor harus memenuhi syarat donor dan lolos pemeriksaan awal.

Hal itu berlaku bagi pendonor di dalam maupun di luar Kantor UDD PMI (dalam kegiatan mobile unit donor darah). Program ini tidak berlaku bagi karyawan PMI Kota Magelang dan keluarganya.

Sumartono yang juga Ketua PGRI Kota Magelang menambahkan, pengundian doorprize akan dilaksanakan pada 1 Juli 2019 di UDD PMI Kota Magelang. ‘’Pemenang doorprize  akan dihubungi via telepon dan tidak dipungut biaya,’’ tegasnya. (hms)

Editor : Doddy Ardjono