blank
Kepala ANRI Mustari Irawan (kanan) menyerahkan penghargaan ANRI Award kepada Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Kota Magelang Eri Widyo Saptoko, pada Rakornas Hari Kearsipan ke-48, di Hotel Rinra, Makassar, (Humas Pemkot Magelang)

 

 

MAGELANG- Pemkot Magelang meraih penghargaan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Awards 2019. Kota Magelang menempati peringkat V kategori Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) Kota Terbaik Nasional Wilayah II (Jawa, Sumatera).

Penghargaan diserahkan Kepala ANRI Mustari Irawan kepada Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Kota Magelang Eri Widyo Saptoko, pada Rakornas Hari Kearsipan Ke-48, di Hotel Rinra, Makassar, Sabtu (27/4)

‘’Alhamdulillah LKD Pemkot Magelang mendapatkan Anugerah ANRI Award. Ini berkat kerja dan keseriusan kita dalam tata kelola kearsipan,’’ kata Eri, saat dihubungi, Senin (29/4).

Eri menjelaskan, ANRI Award adalah penghargaan tertinggi di bidang kearsipan yang dianugerahkan kepada LKD terbaik bagi kabupaten/kota dan provinsi di Indonesia.

Kota Magelang menerima penghargaan bersama Kota Cilegon, Kota Bogor, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Tuban, Kabupaten Gunung Kidul, dan 6 Kabupaten/Kota di wilayah I (Kalimantan, Bali, NTB, NTT, Sulawesi, Maluku, Papua).

‘’Ini menjadi motivasi kita untuk terus meningkatkan kinerja, sehingga ke depan bisa meningkatkan prestasi,’’ ujarnya.

Kepala Seksi Pengelolaan Arsip Disperpusip Kota Magelang, Tartib Karyadi menambahkan, daerah yang menerima penghargaan harus memenuhi kriteria meliputi kebijakan daerah dan ketaatan pada perundang-undangan, sumber daya manusia (SDM) kearsipan, program dan kegiatan, inovasi dan anggaran.

Adapun tahapan pemilihan terbaik dimulai dari membuat portofolio yang dikirimkan ke ANRI melalui rekomendasi Provinsi Jawa Tengah. Kemduian verifikasi lapangan oleh Tim ANRI selama 2 hari di LKD Pemkot Magelang. ‘’Selanjutnya paparan/presentasi dihadapan tim juri dari ANRI dan tanya jawab,’’ terangnya.

Penghargaan ini menambah deretan prestasi yang diperoleh Disperpusip Kota Magelang. Tahun 2018 menjadi Juara I Kearsipan Daerah Tingkat  Jawa Tengah. Kemudian pada Februari 2019, instansi ini masuk dalam 33 besar dari 508 besar Kabupaten/Kota di Indonesia dengan pengawasan kearsipan kategori baik. (hms)

Editor : Doddy Ardjono