blank
Kepala Disnaker Wonogiri, Ristanti (kanan), mendampingi Wakil Bupati Edy Santosa yang memotong untaian bunga melati. Ini dilakukan untuk menandai pembukaan job fair bursa kerja.(suarabaru.id/bp)

WONOGIRI – Di Gedung Giri Wahana Komplek Gedung Olahraga (GOR) Giri Mandala Kabupaten Wonogiri, mulai Senin (29/4) sampai dengan Selasa (30/4), digelar arena job fair bursa kerja. Sebanyak 42 perusahaan membuka 6.800 lowongan kerja (Loker), yang rekrutmen-nya langsung dilakukan di arena job fair bursa kerja tersebut.

Gelar job fair bursa kerja ini, Senin (29/4), dibuka resmi oleh Wakil Bupati (Wabup) Wonogiri, Edy Santosa, ditandai dengan pemotongan untaian bunga melati yang melintang di pintu utama Gedung Giri Wahana. Turut hadir mendampingi, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Wonogiri, Ristanti, dan Sekretaris Disnaker, Setyo Susilo, serta Kabid Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Bambang Muladi. ”Job fair bursa kerja ini, digelar dalam rangkaian agenda peringatan Hari Jadi Kabupaten Wonogiri Ke 278,” jelas Bambang Muladi.

Menurut Kasi Penempatan Naker, Totok Mursid S, ke 42 perusahaan yang membuka Loker sebanyak 6.800 Calon Tenaga Kerja (Canaker) ini, datang dari wilayah se Solo Raya dan dari Tangerang, Banten. Tujuannya, untuk menerima para pencari kerja lulusan SMP, SMA dan SMK, tamatan program Diploma dan Sarjana.

Melalui job fair ini, terbuka peluang kerja terdiri atas 10 bidang usaha, yaitu sebanyak 5 buah perusahaan bidang jasa perdagangan dengan membuka loker sebanyak 500 Canaker, tiga perusahaan penyalur tenaga kerja ke luar negeri (LN) dengan kuota sebanyak 200 Canaker, 11 jasa keuangan yang membutuhkan 700 orang Canaker, 8 perusahaan industri plastik dan tekstil (3.500 orang). Selanjutnya 3 perusahaan industri garmen dengan kuota sebanyak 1.000 orang, satu perusahaan otomotif sebanyak 50 orang, 6 perusahaan distributor sebanyak 200 pekerja, 3 perusahaan jasa sebanyak 500 pekerja, masing-masing satu perusahaan industri farmasi (50 pekerja) dan pendidikan pramugari (100 orang).

Ditegaskan oleh Ristanti, Kabupaten Wonogiri memiliki jumlah penduduk sebanyak 1,08 juta jiwa lebih. Dari jumlah tersebut, tercatat ada sebanyak 769.517 orang usia kerja dan sebanyak 577.061 orang angkatan kerja. Jumlah pengangguran terbuka di Kabupaten Wonogiri Tahun 2018 tercatat ada sebanyak 13.157 orang. ”Angka penganggur yang mencapai 2,28 persen ini, menempati urutan terendah ketiga di Provinsi Jateng,” tandas Ristanti. Per tahun, jumlah lulusan SMK di Kabupaten Wonogiri mencapai 7.195 orang, yang 98 persen diantaranya berupaya untuk dapat bekerja. Kemudian lulusan SMA ada sebanyak 3.472 orang, tidak semuanya meneruskan ke jenjang Perguruan Tinggi (PT) dan berharap dapat bekerja.

Melalui job fair bursa kerja ini, Wakil Bupati Wonogiri, Edy Santosa, berharap, dapat merekrut para pencari kerja. Langkah ini, menjadi bagian dari upaya percepatan pengentasan kemiskinan di Kabupaten Wonogiri. Angka kemiskinan di Wonogiri Tahun 2016 mencapai 12,98 persen, dan pada Bulan Maret 2019 menyusut menjadi 10,75 persen. Semua ini terjadi karena adanya dampak dari panca program unggulan pembangunan Kabupaten Wonogiri.(suarabaru.id/bp)