blank
Tim Disperkimhub Wonosobo setelah mengikuti penilian Penghargaan Tata Nugraha (WTN) 2019 di Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemeterian Perhubungan RI di Jakarta. Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka

WONOSOBO- Pemkab Wonosobo masuk nominasi penerima anugerah wahana Tata Nugraha (WTN) tahun 2019. Anugerah WTN merupakan penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah RI kepada daerah yang mampu menata transportasi publik dengan baik.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Perhubungan (Disperkimhub) Wonosobo, Bagyo Sarastono mengatakan untuk tahun 2019, pihaknya mengaku optimis Pemkab Wonosobo mampu meraihnya karena sejumlah alasan.

“Berbagai inovasi dalam pengelolaan transportasi sudah dilakukan, diantaranya menjadikan jalur tengkorak Kledung-Kertek yang selama ini rawan terjadi kecelakaan di malam hari, kini sudah padhang jembrang,” katanya, Minggu (28/4).

Kondisi di jalan menurun tersebut terang benderang karena sudah pemasangan lampu penerangan jalan umum yang memadai. Dengan fasilitas penerangan lampu jalan itu, diharapkan tidak lagi terjadi kecelakaan terutama di malam hari.

Selain itu, disebutkan Bagyo, Pemkab Wonosobo telah melakukan inovasi berupa rencana pembangunan Terminal Keselamatan Jalan (TKJ) di jalur yang sama untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan fatal karena kondisi buruk rem kendaraan.

Deteksi Dini

“Pemkab melalui Disperkimhub Wonosobo telah melakukan survey untuk penetapan titik TKJ, demi mengurangi kecelakaan berkendaraan khususnya jalur Tengkorak Sindoro-Sumbing atau Kledung Kertek,” katanya.

Menurut Bagyo, di setiap TKJ, kendaraan akan dipasang alat pendeteksi dini sebagai bagian dari early warning system, agar segera diketahui apabila terjadi kerusakan atau mal fungsi di bagian vital kendaraan, seperti rem maupun kampas koplingnya.

Kemudian, rencana untuk studi kelayakan  LRT Wonosobo menuju Dieng pola KPBU juga diakui Bagyo menjadi salah satu unggulan dalam penilaian WTN 2019.

Ketiga inovasi tersebut, menjadi daya tarik bagi dewan juri, termasuk dari BPTD X Jateng-DIY yang menilai tim Disperkimhub Wonosobo kompak dalam menjawab berbagai pertanyaan.  Dalam penilaian tersebut, Bagyo mengungkapkan Tim Disperkimhub Wonosobo diwakili Sekretaris Dinas, Joko Widodo, Kepala UPT PKB dan Penguji Kendaraan serta sejumlah pejabat lainnya.

Pihak Disperkimhub Wonosobo memohon doa dan dukungan dari masyarakat agar pada 2019 ini, anugerah WTN dapat diraih sebagai bagian dari pertanggungjawaban kinerja kepada pemerintah dan masyarakat Wonosobo.

SuaraBaru.id/Muharno Zarka