blank
Kasi Olahraga Dinparpora Kabupaten Wonogiri, Sarko (depan tengah) foto bersama dengan para atlet peraih medali di Kejuaraan Popda Jateng 2019 di Semarang.(suarabaru.id/bp)

WONOGIRI – Kotingen Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Kabupaten Wonogiri berhasil memperoleh 6 medali emas, 7 perak dan 11 perunggu di event Popda SMP/MTs dan SMA/SMK/MA tingkat Provinsi Jateng Tahun 2019. Empat dari enam medali emas, diperoleh dari Cabang Olahraga (Cabor) Judo. Kemudian masing-masing satu emas dari Cabor Karate dan Atletik.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga (Dinparpora) Kabupaten Wonogiri, Sentot Sujarwoko melalui Kabid Pemuda Olahraga Joko Nurgoho, menyatakan, enam medali emas didapat masing-masing tiga dari jenjang SMA/SMK/MA dan tiga dari jenjang SMP/MTs. Tiga emas di jenjang SMA/SMK/MA dipersembahkan oleh Ramadika Made Prakasa dan Alifa Cahya Pangestika, keduanya dari Cabor Judo nomor + 73 Kg putra dan Judo nomor – 48 Kg putri, berikut dari Laila Nurul Humairoh dari Karate nomor Kata-Putri.

Kasi Olahraga Dinparpora Kabupaten Wonogiri, Sarko, Minggu (28/4) menambahkan, Kontingen Wonogiri mengirimkan 44 atlet bersama pelatih untuk mengikuti 8 Cabor di Popda yang digelar di Semarang tersebut. Terdiri atas judo, karate, renang, atletik, sepak takraw, bola voli pasir, tarung drajat dan panahan. ”Dari delapan Cabor tersebut, Wonogiri mendapatkan 6 medali emas, 7 perak dan 11 perunggu,” jelas Sarko.

Sarko, pelari yang pernah meraih medali emas di kejuaraan nasional (Kejurnas) cross country ini, menyatakan, hasil perolehan medali Popda Jateng Tahun 2019 tersebut, merupakan prestasi yang dibanggakan bagi Kabupaten Wonogiri. Tidaklah mudah untuk meraih medali di Popda tingkat regional Jateng tersebut. Sebab, sebelumnya lebih dulu harus lolos dari seleksi berjenjang di tingkat kabupaten, di eks wilayah karesidenan dan baru maju ke Popda tingkat Provinsi Jateng. Untuk Popda se wilayah eks Karesidenan Surakarta, dulu digelar di Kabupaten Wonogiri, sekaligus sebagai seleksi ajang Pra-Popda Jateng Tahun 2019.

Hasil lengkap perolehan medali Popda Jateng Tahun 2019 Kabupaten Wonogiri sebagai berikut. Untuk jenjang SMA/SMK/MA sebanyak 3 medali emas, 5 perak dan 7 perunggu. Tiga medali emas dipersembahkan oleh Ramadika Made Prakarsa dan Alifa Cahya Pangestika keduanya dari Cabor Judo, berikut Laila Nurul Humairoh dari Cabior karate. Lima perak dipersembahkan oleh Rizky Ilham Fatalilah (Judo), Nandana Alma Rizky Julian A (Tarung Drajat), Dani Bollabur Kumara (Renang), Wulan Rahma Wati ( Karate) dan Albani M Bije (Bulutangkis). Tujuh medali perunggu dari Apriza Muazar Hafifah dan Ilhami Rashita S (Judo), Dani Bollabur Kumara (2 medali dari Renang), Angga Dwi Saputro (Panahan), Ahmad Syuhkron Dwi N dan Yusut Riko Arohman (Voli Pasir).

Kemudian untuk jenjang SMP/MTs sebanyak 3 medali emas, 2 perak dan 4 perunggu. Tiga emas dari Ravita Putri Aiswara dan Faisal Julian Cagya (Judo) dan Salvia Ramadhani (Atletik Lempar Lembing). Dua perak dari Salvia Ramadhani (Atletik Tolak Peluru) dan Yoga Satria Wardhana (Judo). Selanjutnya 4 perunggu dari Arva Bintang Regara Mahatmam, Lintang Warastri Hartanto, Salsabila Putri Meitira dan Keysa Mega Gutama semuanya dari Cabor Judo.(suarabaru.id/bp)