blank
Drs Slamet Hambali MSi (tengah) dan Dr Ahmad Fadholi MSi (kanan).

Semarang – Prodi Syariah Fakultas Agama Islam Unissula bekerjasama dengan Lembaga Kajian Penerapan Nilai Nilai Islam (LKPI), mengadakan lokakarya imsakiyah Ramadhan 1440H yang dilangsungkan di kampus Kaligawe (25/4). Narasumber antara lain Drs Slamet Hambali MSi (dosen ilmu Falak Syariah Unissula) dan Dr Ahmad Fadholi MSi (LF PWNU Jateng).

Menurut Hambali perhitungan awal Ramdhan dan awal Syawal tahun ini baik NU, Muhammadiyah, Persis, dan Pemerintah hampir dipastikan sama. “Menurut perhitungan kami Tanggal 1 Ramadhan akan tiba pada 6 Mei. Penentuan kapan awal puasa Ramadhan maupun awal Syawal antara NU Muhammadiyah Persis maupun Pemerintah tidak ada perbedaan,” ungkap Hambali.

Sementara itu Kepala LKPI Dr Ghofar Shiddiq menyatakan bahwa falakiah adalah ilmu yang sangat penting bagi umat Islam, karena berkaitan dengan amalan penting dalam beragama seperti shalat, arah kiblat, awal Ramadhan, awal Dzulhijah, dan lainnya.

Dulu ilmu falakiah termasuk mata pelajaran yang sulit karena berkaitan dengan analisis dan perhitungan yang rumit, namun demikian seiring dengan semakin canggihnya teknologi semakin banyak yang tertarik dengan ilmu falaq tersebut.

Sementara itu dekan Fakultas Agama Islam, Muhtar Arifin MLib menyatakan bahwa lokakarya imsakiyah yang diselenggarakan kali ini merupakan lokakarya yang bersejarah, karena merupakan yang pertama. Dengan demikian menjadi awalan yang baik karena sudah bisa menentukan imsakiyah waktu-waktu shalat seiring dengan semakin berkembangnya SDM dan peralatan yang dimiliki prodi Syariah.(SuaraBaru.id)