blank
Luis Suarez/dok

BARCELONA – Di kandang sendiri, Camp Nou, Barcelona punya peluang besar untuk menyegel titel Liga Primera Spanyol (LaLiga). Syaratnya, La Blaugrana harus mengalahkan Levante pada Minggu (28/4) dini hari WIB. La Blaugrana kini mengumpulkan 80 poin dari 34 pertandingan. Lionel Messi dan kolega unggul sembilan angka di depan peringkat kedua Atletico Madrid. Jika mendapat poin penuh pada pekan ke-35, pasukan arahan Ernesto Valverde itu dipastikan tak mungkin tergusur dari puncak klasemen.

Secara matematis, Atleti masih bisa menyamai perolehan angka Barca jika Los Colchoneros menyapu bersih sisa laga dan Los Cules kalah dalam tiga partai berikutnya. Namun, klub Catalan memiliki keunggulan head to head atas Atleti. Menghadapi Levante di Camp Nou merupakan keuntungan besar buat Los Azulgrana. Secara teknis, Barca unggul segala-galanya. Kemenangan sangat diharapkan untuk memompa motivasi menjelang semifinal leg pertama Liga Champions melawan Liverpool pada Kamis (2/5) dini hari WIB.

”Kami harus fokus penuh di LaLiga dulu. Trofi LaLiga adalah target utama kami musim ini,” tutur Ernesto Valverde. Mantan entrenador Athletic Bilbao itu bakal menurunkan skuad terbaik. Itu berarti trio penggempur yang terdiri atas Lionel Messi, Luis Suarez, dan Philippe Coutinho akan diturunkan sejak menit pertama. Suarez punya misi menambah gol untuk berada di atas Karim Benzema, penyerang Real Madrid. Striker berkebangsaan Uruguay ini dan Benzema sama-sama mengoleksi 21 gol. Top scorer sementara tetap dikuasai Messi dengan 33 gol. Bagaimanapun, Suarez ingin berada di bawah Messi, tapi di atas Benzema. (rr)