blank
Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustinamenyerahkan bea siswa kepada pelajar pada peringatan HUT Ke 67 GOW, (Suarabaru.id/dok)

 

MAGELANG- Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Magelang mengadakan seminar kesehatan tentang, ‘Peran Keluarga dalam Asuhan Penderita Kanker’ di Pendapa Pengabdian, kemarin (24/4).

Seminar ini salah satu upaya GOW dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ketua GOW Kota Magelang, Sri Rejeki Sulistyono menerangkan, seminar kesehatan itu merupakan rangkaian peringatan HUT Ke 67 GOW dan HUT Ke 42 Yayasan Kanker Indonesia (YKI) yang bersamaan dengan Hari Kartini Ke 140.

Narasumber yang dihadirkan dr Agus Ali Fauzi PDG PALL Med Ecu dari Surabaya. Dia  menyampaikan materi seputar keluarga dan kesehatan wanita, terutama penyakit kanker.

Sri menerangkan, perempuan memiliki tanggung jawab yang sama besarnya dengan laki-laki dalam hal kesejahteraan. Hal ini sejalan dengan tema peringatan Hari Kartini 2019, ‘Dengan Semangat Kartini Kita Wujudkan Kualitas Keluarga untuk Jawa Tengah Maju dan Berdikari’.

‘’Karena itu, kami adakan seminar ini agar keluarga paham tentang penyakit kanker, mulai dari gejala hingga mengatasinya,’’ terangnya.

Wakil Wali Kota Windarti Agustina pada acara itu menerangkan tentang semangat RA Kartini dalam memperjuangkan kebaikan bagi kaum perempuan dinilai mampu menjadi inspirasi para wanita, tidak terkecuali bagi GOW.

Dia juga mengapresiasi kepedulian GOW dan YKI terhadap upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan menghadirkan seminar kesehatan ini.

‘’Seminar ini sejalan dengan semangat gerakan masyarakat hidup sehat. GOW memiliki peran strategis dalam upaya gerakan tersebut, sekaligus sebagai ibu yang melahirkan, mengasihi dan mendidik generasi berkualitas,’’ ungkapnya.

Selain itu, lanjut Windarti, organisasi ini juga berperan penting dalam implementasi cita-cita RA Kartini dalam perjuangan keseteraan gender.

Perempuan diharapkan mampu hidup mandiri dan terampil dalam menjalankan perannya di keluarga, masyarakat dan bangsa.

‘’Terus kembangkan potensi perempuan, sehingga dapat mandiri dan terampil. Pemerintah terus mendorong peran wanita tersebut dan meningkatkan partisipasi aktif wanita dalam berbagai bidang,’’ jelasnya.

Kepada YKI, Windarti berharap makin aktif dalam edukasi dan menyadarkan masyarakat atas penyakit kanker.

Data WHO menyebutkan pada tahun 2018 terdapat 18,2 juta kasus kanker baru di dunia dengan 9,6 juta di antaranya berujung pada kematian.

‘’Maka penting kiranya perlu perhatian bersama dalam upaya pencegahan kanker. Mari aktif ajak masyarakat sadar dan waspada terhadap gejala kanker serta paham cara mengatasinya,’’ ajaknya.

Acara itu dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kota Magelang Yetty Biakti Sigit Widyonindito, perwakilan organisasi wanita di lingkungan TNI/Polri dan masyarakat. (Suarabaru.id/dh)