blank
Komponen masyarakat serta para partai politik ikut menandatangani kesepakatan bersama deklarasi tersebut. (Foto : Hana Eswe).

GROBOGAN- Seluruh komponen masyarakat menyatakan siap menunggu hasil penghitungan suara berdasarkan keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Hal tersebut dinyatakan dalam Deklarasi Pemilu Damai 2019 yang digagas Polres Grobogan. Bertempat di Aula Jananuraga kompleks Mapolres Grobogan, kegiatan tersebut dihadiri pejabat FKPD Grobogan, penyelenggara pemilu dan seluruh komponen masyarakat, Kamis (25/4).

Dua kesepakatan yang menjadi keputusan bersama dalam deklarasi ini antara lain menunggu dan menerima keputusan resmi KPU RI, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten. Pada kesepakatan kedua yakni bersama-sama menjaga situasi kamtibmas di wilayah Kabupaten Grobogan agar tetap aman, damai dan kondusif.

Bupati Grobogan Sri Sumarni melalui Sekda Grobogan Moh Soemarsono mengimbau kepada masyarakat agar sabar menunggu hasil pemilu serentak 2019 melalui penghitungan KPU.  Pihaknya juga mengungkapkan, pemilu yang dilaksanakan di Kabupaten Grobogan ini juga berjalan aman dan lancar.

“Momentum ini sangat tepat. Masyarakat digerakkan, diajak dan disadarkan untuk peduli agar Grobogan damai, rukun, harmonis yang merupakan modal dasar pembangunan daerah. Siapapun yang terpilih menjadi presiden dan wakil presiden, anggota DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPR dan DPD RI ini patut didukung bersama,” kata Soemarsono.

Sekda menambahkan, pemerintahan dapat berjalan baik karena dukungan masyarakat. Pihaknya juga meminta kepada masyarakat agar bersama-sama mewujudkan hari esok Kabupaten Grobogan yang lebih baik daripada hari ini.

Sementara itu, Kapolres Grobogan AKBP Choiron El Atiq mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan guna menciptakan situasi Kamtibmas yang aman, damai dan sejuk di wilayah Kabupaten Grobogan. Pihaknya juga memberikan apresiasi dan berterima kasih kepada  seluruh partai politik yang menjadi peserta Pemilu 2019. Khususnya yang mampu menahan diri.

“Jika ada situasi dan kondisi yang mengganggu kamtibmas, laporkan kepada aparat keamanan. Masyarakat telah menentukan pilihannya masing-masing. Mari kita hormati, kawal bersama suara pilihan rakyat. Saya mengajak semua komponen masyarakat agar tetap mengedepankan arti persatuan dan kesatuan,” kata Kapolres.

blank
Kapolres Grobogan AKBP Choiron El Atiq menyaksikan Sekda Grobogan Moh Soemarsono menandatangani deklarasi pemilu damai, Kamis (25/4) di aula Jananuraga Polres Grobogan. Foto : Hana Eswe.

Pihaknya juga mengimbau kepada seluruh tim sukses untuk menghormati hasil penghitungan yang saat ini masing berlangsung hingga selesai. Di samping itu, Kapolres juga meminta agar semua komponen masyarakat kembali merajut kerukunan dan melaksanakan aktivitas seperti biasa.

“Kami mengimbau, masyarakat tetap tenang dan tidak melakukan tindakan anarkis yang melanggar hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku sambil menunggu hasil resmi penghitungan suara oleh KPU. Mari kita sama-sama menjaga situasi Kamtibmas yang aman, damai dan sejuk di Kabupaten Grobogan,” pungkas Kapolres.

suarabaru.id/Hana Eswe.