blank
Carles Alena/dok

VITORIA-GASTEIZ – Para pemain Barcelona lebih suka menuggu pesta juara di Camp Nou. Barca semakin dekat ke tangga juara LaLiga musim 2018-2019 selepas mengatasi Deportivo Alaves 2-0. Barca memukul Alaves lewat gol Carles Alena dan penalti Luis Suarez di Estadio Mendizorroza, Rabu (24/4) dini hari WIB. La Blaugrana mengoleksi 80 poin dari 34 kali bermain. Klub Catalan unggul 12 angka di depan peringkat kedua Atletico Madrid. Barca dipastikan menjadi juara jika Atleti dikalahkan Valencia pada laga Kamis (25/4) dini hari WIB. Carles Alena mengaku lebih suka berpesta di Camp Nou saat timnya menjamu Levante pada Minggu (28/4) dini hari WIB.

”Saya lebih memilih memenanginya di kandang, dan merayakannya bersama para pendukung kami,” ungkap Alena. Gelandang muda itu menegaskan skuadnya pantas menyabet gelar juara. Musim ini Los Cules memang tak tertandingi. Real Madrid yang jadi musuh abadi pun dibuat tak berkutik. Saat dijamu Alaves, Lionel Messi lebih dulu duduk di bangku cadangan. La Pulga alias Si Kutu baru masuk lapangan pada menit ke-61 menggantikan Ousmane Dembele.

Kendati tak mencetak gol, Messi seperti biasa tampil memukau. Megabintang berkebangsaan Argentina itu memimpin daftar top scorer dengan mengumpulkan 33 gol.

Pelatih Barca Ernesto Valverde menekankan target utama pasukannya adalah titel kampiun LaLiga. Mantan entrenador Athletic Bilbao ini ingin mengulang kejayaan seperti musim lalu. “Kami tampil hebat, dan kini tinggal menunggu saja. Ketika Anda di puncak klasemen dengan jarak yang lebar, itu jadi bikin lebih mudah diprediksi,” ujar Valverde.

Pada Kamis (2/5) dini hari WIB, Los Azulgrana bakal menjamu Liverpool pada semifinal leg pertama Liga Champions. Valverde ingin Messi dan kawan-kawan mengamankan gelar LaLiga sehingga ada motivasi ekstra ketika meladeni The Reds di Camp Nou. “Liverpool adalah lawan yang amat kuat. Mereka begitu ofensif, dan telah menunjukkan potensinya dalam dua tahun terakhir,” paparnya. (rr)