Bagikan
Sekda Jateng Sri Puryono menerima piala dari Kadinpora Kota Semarang Gurun Risyadmoko

SEMARANG – Sebanyak 2.112 atlet dari 35 kabupaten dan kota se-Jateng berlaga di Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) SMA/SMK/MA sederajat tingkat Jawa Tengah. Ribuan atlet dari 21 cabang olahraga itu akan memperebutkan sebanyak 821 medali.

“Semua harus sehat dan dalam kondisi prima siap berkompetisi menampilkan peforma terbaik untuk memperebutkan 219 medali emas, 219 medali perak dan 383 medali perunggu,” ujar Sekda Jateng Sri Puryono di sela upacara pembukaan POPDA SMA sederajat tingkat Jateng di GOR Jatidiri Semarang, Senin (22/4/2019).

Event olahraga tahunan dengan peserta pelajar SMA sederajat ini, kata dia, sekaligus sebagai media perekat persatuan dan kesatuan bangsa. Saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Sri Puryono mengatakan, kerasnya persaingan antar kontingen pasti akan terjadi. Kompetisi juga akan berjalan ketat dan setiap kontingen pasti akan berjuang dengan kekuatan luar biasa untuk menjadi yang terbaik.

“Pastikan dalam kompetisi ini selalu menjaga nilai-nilai kejujuran dan fairplay. Saya pastikan bahwa kesemarakan, dan sportivitas berolahraga akan selalu hadir dan mewarnai pada perhelatan POPDA,” terangnya.

Selain berbagai latihan, persiapan mental juga tidak kalah penting. Oleh sebab itu, para atlet harus mempersiapkan mentalnya sebaik mungkin, jangan rendah diri tetapi juga jangan sombong hati. Semua harus memiliki mental pemenang, berlomba untuk menang, membanggakan dan mengharumkan nama orang tua, sekolah serta daerah.

“Melalui POPDA ini, diharapkan akan muncul atlet-atlet yang bisa memberikan torehan prestasi untuk Jawa Tengah, sekaligus dan mampu mengharumkan nama Jawa Tengah di event-event tingkat nasional, regional maupun internasional,” katanya.

Pemprov Jateng terus mendorong, dan memajukan bidang olahraga di Jawa Tengah melalui berbagai program pembangunan. Tidak hanya berupa pembangunan sarana-prasarana olahraga, tetapi juga bantuan kepada para atlet dan pembinaan cabang olahraga.

Dia menyebutkan, tidak sedikit atlet-atlet andalan Indonesia berasal dari Jateng. Di antaranya atlet panjat tebing Aries Susanti, atlet paralayang Hening Paradigma, serta pebulutangkis Tantowi Ahmad. Maka, diharapkan para peserta POPDA bisa meneruskan jejak mereka untuk menjadi atlet profesional Indonesia yang berprestasi.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Jawa Tengah Sinoeng N Rachmadi menyebutkan, jumlah peserta POPDA SMA sederajat tingkat Jateng bertema “Bangkit Bersama Raih Prestasi Dunia” yang terdaftar secara online sebanyak 2.745 peserta, terdiri dari 2.112 atlet dan 633 official.

Tujuan diiselenggarakannya kegiatan ini, kata dia, di antaranya untuk mengukur pencapaian pembinaan prestasi olahraga atlet pelajar SMA sederajat di kabupaten/kota se-Jateng,  momentum peningkatan motivasi belajar untuk berlatih dan berprestasi melalui olahraga, serta memelihara persatuan dan kesatuan bangsa.

“Selain itu, mencetak dan melahirkan calon-calon atlet terbaik di masa depan yang akan menjadi atlet andalan Jateng, khususnya persiapan pembentukan Kontingen Jateng pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional 2019 di Papua,” bebernya.

suarabaru.id/tim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here