Bagikan
Libatkan Anjing Pelacak : Dalam sterilisasi tempat ibadah ini, petugas Sat Sabhara juga menggandeng anjing pelacak. Sejauh ini, tidak ditemukan benda-benda yang membahayakan melalui sterilisasi tersebut. Foto : Hana Eswe.

GROBOGAN – Perayaan Paskah yang dirayakan umat Kristiani jatuh pada Minggu (21/4) esok. Guna memberikan rasa nyaman, Polres Grobogan  mengadakan sterilisasi tempat ibadah dan penjagaan di gereja-gereja yang tersebar di Kabupaten Grobogan.

Hal serupa dilaksanakan menjelang peringatan Jumat Agung di Gereja Katolik Hati Yesus Maha Kudus, Jalan Jend. Sudirman 154 Purwodadi, Jumat (19/4) kemarin. Proses strelisasi tersebut dilaksanakan satu jam sebelum pelaksanaan misa, yakni antara pukul 13.30-14.45 WIB.

Sebanyak dua ekor anjing pelacak dan sembilan personil Sat Sabhara dilibatkan dalam sterilisasi ini. Para personil melakukan pendeteksian setiap sudut ruangan dengan menggunakan tiga unit metal detektor dan dua unit detektor kaca.

Kasat Sabhara AKP Djamrozie Ghozaly mengatakan, pihaknya telah melaksanakan sterliisasi di berbagai gereja yang ada di Kabupaten Grobogan guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi para jemaat nasrani. Tak terkecuai di Gereja Katolik Hati Yesus Maha Kudus ini.

“Kami menyambut baik kegiatan sterilisasi yang diadakan di gereja kami. Kami berterima kasih atas penjagaan dan pengamanan yang dilaksanakan Polres Grobogan di tempat ibadah kami,” kata Rm Yusuf Sunarno dari Paroki Hati Yesus Maha Kudus.

Sementara itu, Kabag Ops Kompol Sigit mengatakan Polres Grobogan akan mulai melakukan pengamanan gereja yang berada di wilayah Grobogan selama empat hari terhitung mulai Kamis (18/4) hingga Minggu (21/4).

Tidak Luput Dari Pemeriksaan : Selain di bagian luar gereja, petugas juga memeriksa seluruh ruangan yang ada di bagian dalam gereja. Pemeriksaan seluruh sudut ruangan ini dimaksudkan untuk memberikan kenyamanan bagi jemaat saat beribadah. Foto : Hana Eswe.

Menurut Kompol Sigit, selain mengamankan jalannya ibadah catur hari suci di berbagai gereja yang ada di Kabupaten Grobogan. Sterilisasi juga dilakukan supaya umat yang melaksanakan ibadah akan merasa nyaman dan aman.

“Tentunya steriisasi ini selain untuk memberikan kenyamanan saat ibadah juga untuk meningkatkan kewaspadaan jelang berlangsungnya hari raya Paskah nanti,” kata Kompol Sigit.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat jika menemukan benda atau hal yang mencurigakan di sudut-sudut tempat.

suarabaru.id/Hana Eswe.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here