blank
Kepala Balitbang Kota Magelang Arif Barata Sakti, (Suarabaru.id/dok)

 

MAGELANG- Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Magelang akan menyelenggarakan seminar dan workshop wirausaha berbasis teknologi (technopreneurship) bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan inovator di Hotel Atria, Kota Magelang, 24 April 2019. Narasumber pada seminar itu praktisi digital marketing nasional, Laksita Utama Suhud.

Kepala Balitbang Kota Magelang, Arif Barata Sakti menerangkan, seminar ini merupakan sub kegiatan pada forum Jaringan Penelitian Pengembangan dan Penerapan Iptek Balitbang tahun anggaran 2019.

Sekaligus sebagai wujud komitmen Pemkot Magelang dalam memperhatikan usaha kecil menengah, serta memfasilitasi kapasitas UMKM dalam penguasaan teknologi, pasar dan penguatan jaringan usaha.

‘’Target 100 peserta ikut seminar ini. Mereka berasal dari kalangan usahawan yang didominasi UMKM dan inovator di Kota Magelang,’’ kata Arif kemarin (20/4).

Selain materi, lanjutnya, narasumber juga akan mereview beberapa produk potensial selanjutnya memberikan masukan dalam konteks pemasaran, pengemasan, harga dan sebagainya. Cara ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas produk sehingga lebih mudah diterima pasar.

‘’Harapan kami para peserta UMKM dan pelaku inovasi dapat meningkatkan kapasitas, kualitas dan kuantitas produk sehingga mempu menembus pasar baik lokal, nasional bahkan global,’’ tambah Kepala Bidang Pengembangan dan Harmonisasi Inovasi (PHI) Balitbang Kota Magelang, Catur Adi Subagyo.

Kepala Sub Bidang Pengembangan dan Penerapan Iptek  Balitbang Kota Magelang, Yetty Setianingsih, mengemukakan,  seminar dan workshop yang baru pertama kali diadakan di Kota Sejuta Bunga ini merupakan komitmen Pemkot Magelang memajukan UMKM, inventor dan inovator Krenova 2018-2019.

‘’Kami juga mengundang  Balitbang Provinsi Jawa Tengah dan lembaga yang membidangi litbang se-Karesidenan Kedu. Mereka akan memberikan semangat dan gaung positif bagi dunia litbang di Kota Magelang,’’ tuturnya.

(Suarabaru.id/dh)