Bagikan
Selain menghibur, TPS Kuda Lumping TPS 007 Kauman Kidul Salatiga, ini juga dilengkapi dengan petugas yang mengenakan busana penari Kuda Lumping juga mampu menyedot pemilih, Rabu (17/4). Foto : Ernawaty

SALATIGA – Pemilu itu harus menyenangkan, bukannya menegangkan. Maka, TPS 007 Kauman Kidul Salatiga, mampu menjadi daya tarik bagi warganya. Sejak pagi, puluhan warga berbondong-bondong mendatangi TPS yang dikemas unik dan menarik. Ya, TPS 007 ini dikemas bernuansa Kuda Lumping. Bertempat di sebuah Sanggar Seni Rama Wijaya, TPS ini dilengkapi aksesori kuda lumping.

Tak hanya itu. Semua anggota hingga ketua KPPS serta petugas pemungutan suara juga mengenakan busana mirip pemain Kuda Lumping. Bahkan, seorang petugas yang membantu warga untuk mengarahkan memasukkan ke kotak suara terlihat menarik perhatian warga yang mengantongi A5.

Menari bak penari Kuda Lumping petugas tadi melengkapi diri dengan kuda lumping yang dijepit di kedua pahanya.

Senyum simpul hingga tawa lepas terkadang mewarnai pencoblosan di TPS 007. Ketua KPPS Stefanus Surip menuturkan, jumlah DPT TPS nya berjumlah 159 pemilih dengan DPTb sebanyak empat orang, dan DPK sebanyak tiga orang. TPS kuda lumping ini, mengemas sebagai TPS Reog Kuda Lumping.

“Pemain” kuda lumping mengantaran pemilih untuk memasukkan kartu suara di kotak suara. Foto: erna

“TPS ini ide bersama, namun ide awal dari tuan rumah. Dan semua kelengkapan TPS hingga pakaian yang dikenakan anggota hingga ketua KPPS pun dipinjamkan oleh pemilik sanggar Amrih Gunarto,” kata Stefanus Surip kepada wartawan, Rabu (17/4).

Diakuinya, cara-cara mengemas TPS dengan semenarik mungkin baik  nuansa dan suasana TPS bisa lebih rileks, santai dan manyedot pemilih pemilih. “Kami harapkan agar masyarakat  datang lebih banyak lagi ke TPS,” tandasnya.

Seorang pemilih, Lena mengaku adanya TPS di lingkungan tempat tinggalnya unik dan menarik dengan perhatian masyarakat. “Dengan cara seperti ini ada atraksi jaran lumping, jadi semangat untuk datang ke TPS,” ungkap Lena.

Suarabaru.id/Erna

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here