Bagikan

SOLO- Koprol di jalanan menuju ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), itu yang dilakukan Subagyo Lelono warga RT 1/ RW 1 Sumpingan Kadipiro Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta, Rabu (17/5). Cara berbeda yang dilakukan kakek dua cucu kelahiran Banyuwangi Jawa Timur 58 tahun silam ini  sebagai ungkapan kegembiraan karena baru pertama kali memperoleh hak pilih dalam pemilihan umum (Pemilu).

Nuansa berbeda yang ditunjukkan purnawirawan  POM TNI  dengan pangkat terakhir Kopral Kepala  dari kediamannya menuju TPS 001 Kadipiro, Kecamatan Banjarsari Surakarta, berlangsung sekitar pukul 10.00 WIB. Mengenakan pakaian loreng  dan ikat kepala hitam, ayah dua anak ini melakukan ritual dengan meminta pangestu kepada sesepuh di sekitar tempat tinggalnya.

Selanjutnya pria berbadan tegap ini  langsung melakukan koprol menuju ke tempat pemungutan suara berjarak  sekitar 100 meter dari tempat tinggalnya. Tak pelak lagi, atraksi kakek dua cucu ini mendapatkan perhatian warga sekitar. Sesampainya di tujuan, kedatangan pencoblos pemula ini disambut petugas TPS 001 Sutarno.

Subagyo Lelono meminta pagestu (restu) kepada sesepuh warga sesaat bersiap melakukan aksi koprol menuju ke tempat pemungutan suara pada Rabu (17/5) (Adji W)

Subagyo Lelono menuturkan, tindakan koprol menuju ke TPS bertujuan untuk memberikan suasana berbeda sekaligus meluapkan kegembiraan sebagai pencoblos pemula . Dirinya akan berdoa dan merenung sebelum mencobloskan alat pencoblos ke kartu suara. Karena coblosan yang dilakukan sangat menentukan masa depan bangsa.

Mengenai tindakan koprol ke TPS bukan hal luar biasa bagi dirinya. Mengingat dirinya pemegang sejumlah rekor MURI diantaranya melakukan koprol sejauh  lima kilometer dari depan Makorem 074/ Warastratama  menuju ke Bundaran Gladag Kota Surakarta.

Subagyo Lelono tengah menyerahkan surat panggilan pencoblosan kepada petugas TPS 001 Kelurahan Kadipiro Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta seusai melakukan aksi koprol dari tempat kediaman berjarak 100 meter dari tempat pemungutan suara pada Rabu (17/5) ( Adji W)

“Juga pernah melakukan koprol di sepanjang jembatan Suramadu  yang menghubungkan Surabaya dengan Pulau Madura, namun buru buru dihentikan  karena membuat macet arus lalu lintas,” tuturnya.

Sementara itu petugas TPS 001 yang juga RT 01 RW 01 Kelurahan Kadipiro Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta Sutarno ketika diminta tanggapannya mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi kepada langkah Subagyo Lelono.

Diakui, selama ini belum pernah ada warga RT 01 yang melakukan koprol dari rumah sampai lokasi TPS untuyk melakukan pencoblosan kecuali Subagyo Lelono.  Pihaknya berharap kegigihan dan besarnya tekad Subagiyo Lelono dalam ikut mensukseskan Pemilu bisa ditiru seluruh warga.

Suarabaru.id/Adji W.

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here