Bagikan
Bupati Wonosobo Eko Purnomo didampingi beberapa pejabat melakukan pemantuan pemilu di TPS wilayah Kalikajar. Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka

WONOSOBO-Hingga pukul 20.00 WIB, beberapa TPS pemilu serentak di Wonosobo masih melakukan penghitungan suara untuk calon anggota legislatif (caleg) DPRD Propinsi dan dilanjutkan perhitungan suara caleg DPRD Kabupaten Wonosobo.

Setelah dibuka pada jam 13.00 WIB usai waktu pencoblosan ditutup, perhitungan suara kali pertama dilakukan untuk Pilpres dan pemilihan DPD RI dan diteruskan perhitungan caleg DPR RI Dapil 6 yang meliputi Wonosobo, Magelang, Temanggung dan Purworejo.

Hasil perhitungan Pilpres di beberapa TPS di 15 Kecamatan di Wonosobo menunjukan Capres nomer urut 01 yakni Ir H Joko Widodo dan Prof DR (HC) KH Ma’ruf Amin sementara unggul atas pasangan Capres nomer urut 02 H Prabowo Subianto dan  Sandiaga S Uno.

Namun, sampai pukul 20.30, belum ada total perhitungan resmi hasil Pilpres di Wonosobo. Dari hasil perhitungan di beberapa TPS seperti di TPS Desa Surengede Kecamatan Kertek pasangan Jokowi-Amin memperoleh 1.997 dan Prabowo Sandi hanya mendapat 311 suara.

Di TPS 11 Perum Purnamandala Kelurahan Bumireso Wonosobo, perolehan pasangan 01 dan 02 sama, yakni 98, sementara suara tidak sah 3. Di TPS 5 Asrama Haji Mendolo 01 mendapat 120 dan 02 93, suara tidak sah 3. TPS 11 Perum Purnamandala 01 memperoleh 84 dan 02 mendapat 63, suara tidak sah 2.

Guna memastikan pemilu berjalan serentak, Bupati Wonosobo Eko Purnomo melakukan tinjuan langsung ke beberapa TPS di Wonosobo. Eko Purnomo yang didampingi istri Ny. Fairuz Eko Purnomo, memantau pelaksanaan pemilu di Kecamatan Kalikajar, Sapuran, Kepil dan Kalibawang, Rabu (17/04).

TPS Unik

Menurut Bupati, berdasarkan pantauan yang dilakukan pihaknya pemilu serentak di Wonosobo berjalan aman dan lancar, tidak ada gangguan berarti yang bisa menghambat berjalanan pemungutan dan perhitungan suara.

“Alhamdulillah pemilu di Wonosobo berjalan aman dan lancar serta menunjukan proses demokrasi yang sehat. Mudah-mudahan bisa menghasilkan Presiden dan Wakil Presiden serta wakil rakyat di DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi Jawa Tengah dan DPRD Wonosobo yang amanah,” katanya.

Wakil Bupati Wonosobo Agus Subagiyo melakukan foto bersama anggota Satpol dan Linmas di lokasi photobooth yang disediakan KPPS Siwuran Garung. Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka

Bupati juga berharap kepada semua elemen masyarakat maupun penyelenggara pemilu dari tingkat terbawah yakni TPS sampai KPUD untuk melaksanakan tahapan tahapan Pemilu sesuai dengan peraturan yang ada sampai nanti diperoleh hasil dari Pemilu tersebut.

“Masyarakat yang telah menggunakan hak pilihnya sampai penghitungan suara dan hingga nanti diperoleh hasilnya, untuk menerima apapun hasil dari Pemilu 2019 ini. Siapa pun yang menang tujuannya pasti untuk bangsa dan negara Indonesia,” tandas Eko.

Bupati Eko Purnomo yang didampingi beberapa pejabat melaksanakan pemantauan di TPS II Kelurahan Kalikajar Kecamatan Kalikajar, TPS 05 Desa Sedayu Sapuran, TPS 02 Desa Dempel Kalibawang, TPS 05 Desa Kalikarung Kalibawang dan TPS 05 Kelurahan Kepil Kecamatan Kepil.

Di TPS 05 Desa Sedayu Sapuran lokasi dihias dengan berbagai ornamen meriah sehingga tampak menarik serta disediakan fotoboot untuk berswafoto. Sementara, di TPS 02 Dempel Kalibawang anggota KPPS menggunakan pakaian adat Jawa. Semua itu dilakukan untuk menarik masyarakat datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya.

Sementara itu Wakil Bupati Wonosobo, Agus Subagiyo beserta Pj Sekretaris Daerah HM Zuhri, memantau pelaksanaan pemilu di wilayah Kejajar, Garung, Mojotengah, dan Watumalang. Asisten Ekonomo dan Pembangunan Setda bersama Kepala Diskominfo memantau pemilu di Kecamatan Sukoharjo, Leksono, Kertek dan Wonosobo.

SuaraBaru.id/Muharno Zarka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here