Bagikan
LOGISTIK : Kapolres AKBP Antonius Anang Tri Kuswindarto SIK, MH, saat mengecek keamanan logistik Pemilu 2019. Foto : Wahono/

BLORA — Logistik Pemilu 2019 sudah bergeser di TPS yang tersebar di 295 desa-kelurahan se-Kabupaten Blora. H-1 pemungutan suara (coblosan), pengamanan personil Polisi, TNI dan Linmas fokus di TPS.

Kapolres AKBP Antonius Anang, Selasa (16/4), mengintruksikan anggotanya dilarang meninggalkan tempat pemungutan suara (TPS), sebelum tahapan rampung dan aman.

“Anggota kami instruksikan memantau situasi, dan perkembangan di TPS masing masing,” tandasnya.

Tidak hanya memantau situasi, anggota yang bertugas mengamankan TPS dilarang pulang, dan jika perlu tidur di lokasi TPS demi keamanan Pemilu 2019.

“Anggota jangan meningalkan TPS, bila perlu tidur di dekat TPS demi keamanan bersama,” tandas AKBP Anang saat Apel Siaga di halaman depan Polres Blora.

Kapolres Blora menekankan, anggota yang diterjunkan berkewajiban menjaga keamanan, baik keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas), pengerahan masa ilegal, dan pencegahan politik uang.

PEMILU : Untuk Pemilu aman, lancar, dan kondusif, Kapolres AKBP Antonius Anang Tri Kuswindarto SIK, MH mendirikan Pos Pengamanan Pemilu 2019 di Blok T Kota Blora. Foto : Wahono/

Perseorangan

Menurutnya, tahap pengamanan TPS mulai dari kerawanan kamtibmas di sekitar TPS, dan juga potensi gangguan keamanan lainya yang berpotensi menghambat Pemilu 2019.

“Jangan sampai logistik Pemilu di TPS tanpa pengamanan, terlebih TPS yang menempati rumah perseorangan,” tandas Kapolres AKBP Antonius Anang Tri Kuswindarto SIK, MH.

Polres Blora, telah melepas 496 personil ditempatkan di semua TPS pemilihan umum (Pemilu) 2019, yakni untuk melaksanakan tugas pengamanan.

Dalam mengamankan TPS yang tersebar di 295 desa-kelurahan di kabupaten penghasil kayu jati tersebut, Polres mendapat bantuan kendali operasi (BKO) Brimob Polda Jateng, TNI dan Linmas.

Personil yang bertugas di TPS, dibekali tongkat Polri, senter, jas hujan, borgol, alat komunikasi, dan buku saku pedoman pengamanan (Pam) TPS Pemilu 2019.

Terpisah, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupatem Blora, Moh. Khamdun, menjelaskan logistik Pemilu 2019 sudah bergerak ke 2.950 TPS.

Perlu diketahui, hari coblosan akan digelar Rabu, 17 April 2019, yakni Pemilu serentak dan di setiap TPS disediakan lima kotak suara, dengan kartu suara yang berbeda warna. (suarabaru.id/Wahono).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here