Bagikan
PERBEKALAN : Kapolres AKBP Antonius Anang Tri Kuswindarto SIK, MH, memeriksa perbekalan anggota yang bertugas mengamankan TPS Pemilu 2019. Foto : Wahono/

BLORA — Kapolres Blora AKBP Antonius Anang, Selasa (15/4), melepas 496 personil untuk ditempatkan di semua tempat pemungutan suara (TPS) Pemilu 2019, yakni melaksanakan tugas pengamanan.

Dalam mengamankan TPS yang tersebar di 295 desa-kelurahan di kabupaten penghasil kayu jati tersebut, Polres mendapat bantuan kendali operasi (BKO) Brimob Polda Jateng, TNI dan Linmas.

“Kami pesan, anggota harus bisa menjaga situasi aman dan kondusif saat hari H pencoblosan,” tandas AKBP Anang.

Kapolres Blora menyampaikan pesan penting anggotanya dalam apel pergeseran pasukan pengamanan TPS Pemilu 2019, dihadiri pejabat utama (Pju) Polres, dan seluruh Kapolsek.

Hadir juga para kepala unit (kanit), kepala seksi (kasi), dan personil yang terlibat surat perintah (sprint) Operasi Mantap Brata Candi (PMBS) 2019. Apel digelar di halaman Mapolres setempat.


SENTER : Anggota Polres Blora menujukkan santer, salah satu bekal pengamanan di TPS pada Kapolres AKBP Antonius Anang Tri Kuswindarto SIK, MH. Foto : Hms-Resbla

Wilayah Hutan

Kapolres jugas menyempatkan memeriksa perlengkapan anggota pengaman TPS, meliputi tongkat Polri, senter, jas hujan, borgol, alat komunikasi, dan buku saku pedoman Pam TPS Pemilu 2019.

“Tiap pesonil wajib membawa tongkat Polri, senter sebagai penerangan, karena di Blora wilayahnya banyak hutan ang mninim pencahayaan,” kata Anang.

Personil juga dibekali jas hujan, mengingat cuaca sering hujan, jadi tidak ada alasan meskipun kondisi hujan untuk tidak turun ke lapangan,” tambahnya.

Terpisah, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupatem Blora, Moh. Khamdun, menjelaskan logistik Pemilu 2019, sudah bergerak ke TPS.

Logistik dalam kotak suara kardus berbahan duplex tersebut, dikirim dari PPK, dengan lokasi akhir di masing-masing TPS di 16 wilayah kecamatan di Blora.

Pengiriman ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) desa-kelurahan, ada yang dikirim Sabtu (13/4), khususnya beberapa Penitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dengan wilayah cukup luas.

Selasa (16/4), lanjutnya, keseluruhan logistik Pemilu harus sudah siap di 2.950 tempat pemungutan suara (TPS), dan penataan TPS juga sudah siap 100 persen.

Perlu diketahui, hari coblosan akan digelar Rabu, 17 April 2019, yakni Pemilu serentak dan di setiap TPS disediakan lima kotak suara, dengan kartu suara yang berbeda warna. (suarabaru.id/Wahono).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here