blank
DEBAT : Sejumlah wartawan yang selama ini menjalankan tugas-tugas jurnalistik di Blora bersiap hadir nobar debat Capres-Cawapres di KPU setepat. Foto : Wahono/

BLORA — KPU Kabupaten Blora dan wartawan dari berbagai media di kote sate, Sabtu (13/4) malam ini, menggelar nonton bareng (nobar) debat seri kelima pasangan capres-cawapres Pemilu 2019.

Nobar digelar di ruang pertemuan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, sekaligus diisi jumpa pers terkait logistik Pemilu, dan kesiapan penyelenggaran coblosan (hari H).

“Kami undang kawan-kawan wartawan, ini nonton debat capres-cawapres, dan ngopi bareng,” jelas Ketua KPU setempat, Moh. Khamdun.

Khamdum menenjelaskan khnusus droping logistik pemilhan umum (Pemilu) 2019 sudah beres, droping terakhir pada Sabtu (13/4), adalah logistik Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres).

Sedangkan logistik untuk Pemilu DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi Jawa Tengah, dan DPRD Kabupaten, sudah tuntas terkirim pada Jumat (12/4), dikirim dengan armada PT Pos Indonesia sejak Rabu (10/4).

Kirim PPS

Logistik yang dimasukkan dalam kotak suara kardus berbahan duplex, telah dikirim ke 16 sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), selanjutnya secara bertahap dikirim ke Panitia Pemungusan Suara (PPS) desa-kelurahan.

“Kami cek, PPK sudah mulai mengirim logistik ke PPS pada Sabtu (13/4),” tambah Ketua KPU Blora.

Dijelaskan, sejauh ini persiapan hari H pemungutan suara (coblosan) di 2.950 tempat pemungutan suara yang tersebar di 295 desa-kelurahan, sudah berjalan baik.

Institusi terkait pengamanan seperti Polres, TNI Kodim, Linmas, dan penyelenggara dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), sudah siap 100 persen pada tupoksi masing-masing.

“Blora siap melaksanakan Pemilu pada Rabu, 17 April 2019,” tandas Ketua KPU, Moh. Khamdun.

Diberitakan sebelumnya, droping logistik Pemilu 2019 untuk 16 kecamatan (PPK) di Kabupaten Blora, ditarget tuntas Jumat (12/4), logistik Pilpres Sabtu (13/4), yakni dengan mengerahkan lima armada milik PT Pos Indonesia.

“Droping logistik lancar, didukiung penuh pengaman dan pengawalan dari personil Polres,” papar Moh. Khamdum.

Selanjutnya paling lama pada H-1, semua logistik kotak suara terkunci dan tersegel sudah berada di 2.950 tempat pemungutan suara (TPS) yang ada dii 295 desa-kelurahan se-Blora.

Perlu diketahui, hari coblosan akan digelar Rabu, 17 April 2019, yakni Pemilu serentak dan di setiap TPS disediakan lima kotak suara, dengan kartu suara yang berbeda warna. (suarabaru.id/Wahono).