Bagikan
Sejumlah warga harus rela antre untuk memeriksakan kesehatannya dalam acara bhakti sosial pemeriksaan kesehatan gratis yang digelar anggota DPRD Wonosobo H Suwondo Yudhistiro, Relawan AKK dan Relawan Jokowi. Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka

WONOSOBO-Masalah kesehatan merupakan hal pokok bagi warga. Karena dengan tubuh yang sehat seseorang bisa melakukan segala aktifitas secara lancar. Kondisi tubuh yang sakit akan menghambat aktivitas siapa pun.

Saat ini, belum semua warga di pelosok desa menerima fasilitas kesehatan yang memadahi. Minimnya fasilitas kesehatan yang ada dan kondisi lingkungan sekitar yang buruk menyebabkan warga rentan terhadap berbagai penyakit.

“Dengan kondisi tersebut maka wajar jika warga di pelosok desa kerap terjangkit berbagai penyakit dan tidak memeriksakan kesehatan tubuhnya karena terbatasnya fasilitas kesehatan,” ujar H Suwondo Yudhistiro MSi, anggota DPRD Wonosobo.

Wakil rakyat yang berasal dari Daerah Pemilihan (Dapil) 2 Watumalang, Sukoharjo dan Leksono mengatakan hal tersebut di sela-sela menggelar bakti sosial pengobatan gratis di Desa Krinjing, Desa Kalidesel Watumalang, Desa Gumiwang Sukoharjo dan Desa Medono Kaliwiro Wonosobo.

Pengobatan gratis yang terselenggara atas kerjasama Lentera Health Care Semarang dan Relawan Jokowi serta Relawan Abdul Karding Karding (AKK), itu digelar di Balai Desa Krinjing, Kalidesel Watumalang, Medono Kaliwiro dan Gumiwang Sukoharjo, Kamis (11/4).

Menurut Suwondo yang juga Ketua Komisi A DPRD Wonosobo, pengobatan gratis tersebut disambut oleh ratusan warga di tiga desa tersebut. Di Desa Gumiwang ada sekitar 115 pasien, Desa Krinjing 215 warga, Desa Medono 231 pasien dan Kalidesel 175 orang. Pasien berasal dari beberapa dusun di empat desa tersebut.

“Banyak sekali pesien dengan keluhan gangguan pernafasan karena udara dingin dan terpapar asap rokok. Ada pula keluhan kepala pusing karena dehindrasi atau kurang mengkonsumsi minuman air putih dan kelelahan dalam bekerja,” ujar alumnus UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo itu.

Selain itu, tambah Suwondo, banyak pasien yang datang karena menderita panyakit kulit (gatal), magh, asma, rematik, kurang darah, batuk, pilek, sakit tenggorokan, asam urat dan darah tinggi. Pasien yang datang banyak yang mengaku senang dengan pengobatan gratis tersebut.

Karena fasilitas kesehatan jauh dari tempat tinggal, banyak pasien mengaku jarang memeriksakan kondisi kesehatannya. Kalau ada keluhan rasa sakit di tubuh, tak jarang mereka membeli obat di pasaran yang dekat dengan rumah tinggal.

Peduli Kesehatan

Saat pesien datang ke tempat pengobatan gratis, mereka kali pertama diperiksa tekanan darahnya. Pasien juga ditanya oleh tim medis perihal keluhan rasa sakit yang paling sering dialami. Pasien akan diberi obat dan vitamin sesuai keluhan yang dialami.

“Dalam acara pengobatan gratis tersebut, pesien tidak hanya diperiksa kondisi kesehatannya tapi bisa melakukan konsultasi kesehatan dan terapi penyakit dari tim medis Lentera Health Care Semarang,” ujar Suwondo.

Pasien yang datang tidak hanya dari kalangan orang tua. Sebab, tak sedikit anak-anak, remaja dan wanita hamil serta lansia memenuhi balai desa tempat digelar pengobatan gratis. Karena banyak pasien yang datang, mereka harus rela mengantri untuk diperiksa tim medis.

Menurut pemilik usaha percetakan Surya Gumilang Wonosobo ini, pengobatan gratis tersebut diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian pihaknya sebagai wakil rakyat di DPRD Wonosobo. Dirinya juga menggandeng Relawan Jokowi dan Relawan AKK dalam kegiatan bakti sosial ini.

Anggota DPR RI H Abdul Kadir Karding MSi mengatakan masalah kesehatan merupakan kebutuhan pokok masyarakat, selain sandang, papan dan pangan. Karena orang yang punya sandang, papan dan pangan yang cukup tapi tidak sehat, maka orang tersebut pasti merasa tidak bahagia.

“Masalah kesehatan menjadi hal pokok dan penting bagi warga. Karena itu, demi menjaga kesehatan warga, saya dan Relawan Jokowi berusaha menggelar kegiatan bakti sosial berupa pemeriksaan kesehatan gratis bagi warga di pelosok-pelosok desa,” tegasnya.

Sebagai wakil rakyat di DPR RI, pihaknya berjuang keras untuk menganggarkan dana APBN untuk pembangunan fasilitas kesehatan di seluruh wilayah nusantara, termasuk di daerah Wonosobo. Karena saat ini, fasilitas kesehatan yang ada belum bisa terjangkau oleh seluruh warga.

Salah satu warga, Sukino (32) mengatakan berterima kasih sekali terhadap wakil rakyat di DPRD Wonosobo dan DPR RI serta Relawan Jokowi yang peduli dengan kondisi kesehatan warga di daerah pedesaan. Pihaknya berharap acara bakti sosial pemeriksaan kesehatan gratis bisa digelar secara rutin.

SuaraBaru.id/Muharno Zarka

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here