Bagikan
Menteri PU-PR Basuki Hadimuljono ketika menggebuk drum di Dies Natalis Unitidar Magelang, (Suarabaru.id/dh)

MAGELANG- Di luar dugaan undangan yang menghadiri Dies Natalis Ke 40 Universitas Negeri Tidar ( Untidar) Magelang Kamis (4/4), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) Basuki Hadimuljono selain menyampaikan orasi ilmiah juga unjuk kebolehan menggebuk drum yang menjadi kegemarannya.

Setelah menyampaikan orasi ilmiah, drummer Band ‘Elek Yo Ben’ melepas jas yang dikenakannya, dan beberapa saat kemudian menampilkan kepiawaiannya bermain drum. Dia didampingi Hari Wahyono (Pembantu Dekan II FKIP Untidar) pada Saxophone dan vokal, Arnold pada bas gitar, Antoni pada gitar melodi dan Ginanjar keyboard dan vokal.

Dua lagu didendangkan oleh band dengan drummer Basuki Hadimulyono. Yaitu , lagu “Andaikan Kau Datang Kembali” (Koes Plus) dan ‘’Bento’’ (Iwan Fals).

Menteri kelahiran Surakarta 5 November 1954 sejak muda gemar bermain musik, khususnya drum. Saat ini lulusan S-1 Fakultas Teknik Geologi, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta ini bergabung dengan Band Elek Yo Ben, yang pemain dan penyanyinya menteri Kabinet Kerja.

Saat hendak memulai orasi ilmiahnya, Basuki Hadimuljono mengemukakan, ‘’Kalau melihat drum yang ada di sisi selatan itu, pikiran saya sudah tidak fokus lagi,’’ ujarnya. Tentu saja hadirin di auditorium Untidar langsung tertawa sambil bertepuk tangan.

Kepada wartawan, mantan Direktur Jenderal Penataan Ruang Kementerian Pekerjaan Umum (2013 – 2014) mengaku, bermain drum merupakan bagian dari hidupnya. ‘’Juga merupakan klangenan saya,’’ ungkapnya.

Menurutnya, bermain drum sekaligus menjadi ‘obat lelah’, saat menjalankan tugas sebagai pembantu Presiden RI, dan selama mengikuti kampanye untuk pasangan capres Jokowi- Ma’ruf Amin.

Seperti diketahui, beberapa menteri di era kepemimpian Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla yang pintar memainkan alat musik. Selain Basuki, juga Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang memainkan gitar.

Menteri lainnya di grup band itu adalah Menaker Hanif Dhakiri, dan Mensesneg Pratikno. Juga Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menlu Retno Marsudi, keduanya vokalis. (Suarabaru.id/dh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here