Bagikan
PERSIS : Suasana coblosan simulasi Pemilu 2019 yang dilaksanakan KPPS TPS 01 Kelurahan Kunden, Kecamatan Blora, persis saat hari H Pemilu 2019 mendatang. Foto : Hms-KPUBla.

BLORA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora, mengaku puas dengan hasil simulasi proses pemungutan suara (coblosan), penghitungan suara (tungsura), dan pengamanannya

Simulasi yang seolah dilaksanakan persis saat coblosan hari H pemilihan umum (Pemilu) 17 April 2019, digelar di alun-alun kota sate, Selasa (2/4), juga dihadiri pemilih resmi yang masuk DPT.

“Simulasi pemungutan suara dan tungsura lancar, kami cukup puas,” jelas Ketua KPU setempat, Moh. Khamdun.

baca juga: HUT Ke-73 Persit Kodim Blora Anjangsana ke Panti Asuhan

Dijelaskan, dalam simulasi coblosan diperagakan langsung oleh petugas tempat pemungutan suara (TPS) 01 Kunden, Kecamatan Kota Blora, yakni tujuh orang KPPS, dan dua petugas Linmas.

Kotak suara dan alat coblos, lanjutnya, juga menggunakan logistik yang nanti digunakan untuk pelaksanaan pemungutan suara Pemilu mendatang, termasuk kotak suara transparan berbahan duplex.

Kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS), juga sudah siap pagi hari sebelum pukul 07:00 WIB, mereka juga menjalani prosesi sumpah bersama, dan menseteril lingkungan tempat permungutan suara (TPS).

KPPS : Meski hanya program simulasi, petugas KPPS TPS 01 Kelurahan Kunden, Kecamatan Blora, berseragam rapi. Foto : Hms-KPUBla.

Gambar Buah

Menurut Khamdun, jumlah dan ukuran surat suara juga sama aslinya, TPS sudah siap coblosan pukul 07:00 WIB, diitutup pukul 13:00, istirahat 30 menit, dilanjut tungsura yang disaksikan masyarakat.

“Hanya saja, kertas suara untuk peragaan simulasi bergambar buah,” jelasnya.

Disebutkan, sesuai dengan daftar pemilih tetap (DPT) di TPS 01 Kunden sebanyak 239 pemilih, namun dalam simulasi hanya 188 orang hadir ke TPS simulasi yang disaksikan para pejabat terkait.

“Ada 188 dari 239 pemilih dalam DPT yang hadir, gakpapa hanya simulasi, lancar dan sesuai aturan yang ada,” jelas Ketua KPU Blora, Moh. Khamdun.

Simulasi coblosan yang dibuat persis hari H Pemilu 2019 tersebut, dihadiri Kapolres Blora AKBP Antonius Anang, dan anggota Fokompimda, para pejabat organisasi perangkat daerah (OPD) terkait serta undangan lainnya.

“Polri bersama TNI menjamin keamanan Pemilu 2019 sampai ke TPS, kami sudah siap 100 persen,” tandas Kapolres Blora AKBP Antonius Anang Tri Kuswindarto SIK, MH. (suarabaru.id/Wahono).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here