Bagikan
Dari Kanan ke Kiri, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo dan Kapolda Jateng Irjen Pol Condrokirono tengah membersihkan ruang genta diatas bangunan Kori kamandungan Karaton Surakarta. foto :Adji W

SOLO-Suara Genta berdentang terdengar dari arah  menara yang terletak diatas bangunan Kori Kamandungan Karaton Surakarta.

Di sisi lain sekitar 1.050 personil  dari berbagai instansi yang semula berkumpul di halaman Kamandungan Karaton Surakarta bergerak membersihkan lingkungan bangunan budaya  yang ada di sekitarnya.

Itulah kegiatan Resik Resik Karaton Surakarta  yang dipimpin Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan berlangsung, Jumat (29/3).Turut hadir dalam kegiatan itu Pangdam Diponegoro Mayjend TNI Mochamad Effendy, Kapolda Jateng Irjen Pol Condrokirono, dan Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo.

Gubernur Ganjar Pranowo dalam sambutannya menyatakan, kegiatan digelar dalam rangka menyambut pelaksanaan Tinggalan Dalem Jumenengan  ke 15  SISKS Pakoe Boewono XIII, sekaligus dalam upaya mewujudkan lingkungan kawasan Keraton Solo yang bersih.

Perlu diketahui Karaton  adalah bagian dari  sejarah kebudayaan sekaligus obyek  wisata. Ada sejarah perjuangan yang sangat panjang disini. Kita bisa belajar bagaimana pergerakan nasional  dimulai.

“Nanti setelah kita bisa membersihkan dengan sangat baik, diharapkan masyarakat akan berbondong-bondong datang. Peneliti akan datang kesini. Pusat kebudayaan akan tampil lagi di sini. Aktivitas semuanya akan muncul di sini dan gereget itu mulai terasa denyutnya dari Keraton“, tegasnya.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo tengah membersihkan anak tangga menuju kearah tempat Genta yang terlekat diatas bangunan Kori kamandungan Karaton Surakarta. foto : Adji W

Sementara itu Pangageng Karaton Surakarta  KGPH Dipokusumo  dalam sambutannya menyatakan Raja Surakarta SISKS Pakoe Boewono bersama putra putri dalem, sentono dan abdi dalem menyampaikan terima kasih atas terselenggarannya resik resik Karaton Surakarta  Kegiatan yang mengerahkan sekitar 1.050 personil terlihat adanya sayuk rukun.

“Semangat Gotongroyong sudah lama dilaksanakan di Karaton Surakarta. Kegiatan hari ini semakin menguatkan bahwasanya gotongroyong itu baik sekali”, terangnya.

Suarabaru.id/Adji W

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here