Bagikan
Dandim 0717/Purwodadi Letkol Inf Asman Mokoginta menandatangani laporan selesainya pelaksanaan TMMD Sengkuyung Tahap 1 2019 di Desa Asemrudung, Rabu (27/3). Foto Hana Eswe.

GROBOGAN – Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung 2019 tahap I Kodim 0717/Purwodadi di Desa Asemrudung, Kecamatan Geyer dinyatakan selesai, Rabu (27/3). Bertempat di Lapangan Desa Asemrudung, upacara penutupan TMMD ini digelar dengan mengundang sekitar 400 orang warga Desa Asemrudung.

Hadir dalam acara penutupan tersebut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) Sanyoto serta Dandim 0717/Purwodadi Letkol Inf Asman Mokoginta, Wakapolres Grobogan Kompol Dwi Hendro, Kakaminvetcad Mayor Inf Susela, perwakilan FKPD, dan pengurus Persit KCK Cabang XXXVIII serta perwakilan Bhayangkari cabang Grobogan.

Dalam kegiatan bertajuk “Melalui TMMD Kita Tingkatkan Kebersamaan Umat Serta Semangat Gotong Royong Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Dalam Mewujudkan Ketahanan Nasional” tersebut, upacara penutupan ini berlangsung gayeng.

Melalui sambutan Kasad Jendral TNI Andika Perkasa yang dibacakan Dandim Letkol Inf Asman Mokoginta, dengan tema tersebut, pihaknya mengajak seluruh elemen masyarakat bekerja bersama-sama membangun daerah guna mengatasi berbagai masalah dan tantangan di bidang teknologi, ekonomi dan sosial budaya.

“Masih banyak program pembangunan yang perlu dukungan dari masyarakat dengan bergotong royong karena kegiatan ini bisa melibatkan seluruh masyarakat desa yang merupakan urat nadi bangsa Indonesia serta ciri khas bangsa Indonesia yang menimbulkan guyub rukun,” kata Dandim.

Sementara  itu, Kades Asemrudung Andi Laswardi mengucapkan terima kasih atas segala bentuk perhatian Kodim 0717/Purwodadi melalui kegiatan TMMD ini. Pihaknya berharap, meski TMMD telah selesai, namun silaturahmi antara prajurit TNI dan para warga tetap terjalin.

“Saya mewakili warga Desa Asemrudung mengucapkan terima kasih kepada jajaran Kodim 0717/Purwodadi dalam pelaksanaan TMMD ini. Kami bersyukur pelaksanaan TMMD ini bisa berjalan lancar dan aman. Meski dinyatakan telah selesai, namun kami berharap silaturahmi antara prajurit TNI tetap berlanjut sampai kapanpun. Tidak sebatas pada pelaksanaan TMMD saja. Namun, dapat membantu pelaksanaan kegiatan yang lain demi perkembangan pembangunan desa,” kata Laswardi.

Kadispermades Grobogan Sanyoto meresmikan jalur yang telah dicor warga dan anggota TNI dalam TMMD Sengkuyung ini di Dusun Ngasem, Desa Asemrudung. Foto : Hana Eswe.

Sementara itu, Kepala Dispermades Sanyoto dalam sambutannya meminta seluruh warga Asemrudung agar dapat mengajukan apabila rumah dan sejumlah fasilitas untuk umum yang sudah rusak atau perlu perbaikan bisa mengajukan kepada perangkat desa untuk direnovasi. “Saya sampaikan kepada masyarakat agar bisa merawat jalan dan sejumlah fasilitas umum yang sudah direnovasi karena semuanya untuk kita semua,” pesan Sanyoto.

Sasaran fisik dalam pelaksanaan TMMD Sengkuyung Tahap 1 2019 di Desa Asemrudung ini telah dicapai diantaranya pengecoran jalan dengan jarak 600 meter meliputi Dusun Saren, Dusun Karang dan Dusun Ngasem dengan keseluruhan dengan ukuran lebar 2,5 meter dan tebal 15 cm.  Selain itu, renovasi 3 unit mushola di Dusun Tanjungsari, Dusun Karang dan Dusun Ngasem. Renovasi pos kamling 2 unit di Dusun Saren dan Dusun Karang. Jambanisasi 10 unit.

Pada sasaran nonfisik yang dicapai meliputi penyuluhan bela negara, wawasan kebangsaan, Kamtibmas, Nakoba dan UU Lalin, Penyuluhan Kesehatan Lingkungan, Penyuluhan Ketenagakerjaan dan Transmigrasi, Penyuluhan Keluarga Berencana hingga kegiatan sosial berupa pengobatan gratis, pembagian alat sekolah dan sembako beras untuk 100 orang dan bazaar murah.

suarabaru.id/Hana Eswe

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here