Bagikan
Ross Barkley/dok

PODGORICA  – Ross Barkley, gelandang Inggris, giliran menjadi bintang saat The Three Lions memukul balik tuan rumah Montenegro 5-1 pada kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup A di di Stadion Pod Goricom, Selasa (26/3) dini hari WIB. Montenegro mencuri gol lebih dulu pada menit ke-17 melalui Marko Vesovic. Skuad Tiga Singa lantas membalas lima kali. Diawali sundulan bek Michael Keane. Barkley menyumbang dua gol. Dua gol lagi dibagi rata oleh Harry Kane dan Raheem Sterling.

Berkat kemenangan ini Inggris mantap di puncak klasemen dengan enam poin dari dua laga. Sebelumnya, tim arahan Gareth Southgate menang 5-0 atas Republik Ceko. Barkley (25) tampil dinamis dan taktis. Selain mencetak gol, dia mampu mengendalikan lini tengah dengan amat baik. Southgate tanpa ragu menyanjung pemain tengah milik Chelsea itu. Sayang, performa bagus Inggris dinodai dengan pelecehan berbau rasial yang dilakukan fans pasukan tuan rumah. Sterling dan bek kiri Danny Rose, serta winger Callum Hudson-Odoi menjadi sasaran lewat suara-suara sumbang dari tribune penonton.

Suporter Montenegro menirukan suara monyet. Baik Sterling, Rose, dan Odoi memang berkulit hitam. Southgate menyatakan dia mendengar perkataan kasar dari pendukung tuan rumah. Sang juru taktik itu sangat kecewa dengan ulah suporter lawan. ”Itu jelas tidak dapat diterima. Kami siap membuat laporan atas insiden ini,” tutur Southgate. (rr)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here