Bagikan
Jajaran TNI-Polri, ASN dan Linmas se-Kecamatan Watumalang menggelar apel gelar pasukan bersama di halaman kecamatan setempat, Senin (25/3). Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka

WONOSOBO-Danramil 02/Watumalang Kapten Inf Bintarto beserta anggota melaksanakan Apel Gelar Pasukan Kesiapan TNI, POLRI dan ASN dalam pengamanan kampanye dan pemungutan suara pemilu serentak 2019, Senin (25/3).

Apel gelar pasukan diselenggatakan di halaman Kantor Kecamatan Watumalang. Kegiatan apel ini tidak hanya dilaksanakan di Kecamatan Watumalang, tetapi juga dilakukan di  seluruh Kecamatan se-Kabupaten Wonosobo.

Turut hadir dalam acara tersebut Camat Watumalang yang diwakili Sekertaris Kecamatan, Kapolsek Watumalang beserta anggota, ASN Kecamatan Watumalang, Ketua dan Staff PPK Kecamatan Watumalang dan ketua PPS, Ketua dan staff Panwascam Watumalang.

Selain itu, apel gelar pasukan juga diikuti oleh petugas pengawas Desa, Kades, Linmas Desa dan PPS Se-Kecamatan Watumalang. Semua elemen masyarakat di kecamatan yang berada di daerah pegunungan itu, diharapkan ikut mensukseskan pemilu serentak agar berjalan aman, damai dan bermartabat.

Dalam kesempatan tersebut Sekertaris Kecamatan Watumalang Amir Makruf, SE menyampaikan bahwa diharapkan peran dari semua elemen masyarakat di Kecamatan Watumalang demi menjaga Kamtibmas selama berlangsungnya kampanye dan pelaksanaan pemilu serentak 2019.

”Selama kegiatan sebelum, saat pelaksanaan hingga sesudah pemilu 2019 agar dapat berjalan dengan aman dan tertib tanpa ada masalah sampai dengan masa pencoblosan. Mudah-mudahan pemilu untuk memilih wakil rakyat dan presiden bisa berjalan adil, jujur dan demokratis”, katanya.

Persiapan Pengamanan

Sementara itu, Kapten Inf Bintarto menyampaikan bahwa apel gelar pasukan ini untuk mengetahui kesiapan pengamanan pemilu lima tahunan, karena kelancarannya menjadi tanggung jawab sepenuhnya TNI-Polri beserta jajaran pemerintahan. Masyarakat juga diminta ikut mensukseskan pemilu serentak ini.

“Fungsi dan peran TNI-Polri yang berada di luar lingkup penyelenggara pemilu, sangat menentukan suksesnya keberlangsungan pemilu yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Jajaran TNI-Polri dan Linmas netral dalam pesta demokrasi dan siap mengamankan jalannya proses pencoblosan dan perhitungan suara,” katanya.

TNI-Polri dan Linmas, sebutnya, harus bekerjasama dan bekerja keras demi mewujudkan situasi yang aman dan kondusif pada pemilu 2019 mendatang. Jajaran TNI-Polri dan Linmas juga tetap siap-siaga di lokasi tempat pemungutan suara saat pemilu berlangsung,” imbuhnya.

Danramil mengimbau kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Watumalang agar waspada terhadap kerawanan seperti menyebarnya berita bohong atau hoax karena semakin menguatnya politik identitas menggunakan isu-isu SARA yang dapat merusak persatuan dan Kesatuan bangsa.

“Mari bersama menjaga situasi dan kondisi menjelang serta pelaksanaan pemilu 2019 agar dapat berjalan dengan aman, aamai dan sejuk serta berintegritas. Jika pemilu berjalan aman dan demokratis artinya kualitas pemilu meningkat dan bisa menghasilkan pemimpin yang amanah,” pungkasnya. SuaraBaru.id/Muharno Zarka

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here