Bagikan
Bupati Wonogiri Joko sutopo didampingi Kapolres Wonogiri, AKBP Uri Nartanti Istiwidayati, memeriksa pasukan upacara.

WONOGIRI-Bupati Wonogiri Joko Sutopo menegaskan bahwa setiap anggota Satpol PP, Satlinmas, dan Pemadam Kebakaran, bukan hanya petugas penjaga kota yang bertindak pasif. Akan tetapi lebih dari itu, harus dapat berperan aktif dalam proses pembangunan, melindungi hasil pembangunan, dan memberikan perlindungan masyarakat, dengan tujuan akhir peningkatan kesejahteraan masyarakat. Termasuk terlibat aktif dalam menyukseskan agenda nasional bangsa Indonesia.

Hal tersebut disampaikan saat membacakan sambutan Gubernur pada upapacara Peringatan HUT Ke- 69 Satuan Polisi Pamong Praja, HUT ke-57 Satuan Perlindungan Masyarakat, HUT ke-100 Pemadam Kebakaran Tahun 2019 dengan tema “Peningkatan Trabtibum Linmas melalui peran Satpol PP, Satlinmas dan Pemadan Kebakaran Guna Mensukseskan Pemilu Serentak 2019”, di alun alun Giri Krida Bhakti, Jum’at(22/3).

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf M. Heri Amrrulloh, Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti Istiwadayati, Kajari Wonogiri Dodi Budi Kelana, Ketua Pengadilan Negeri Moch. Istiadi, Ketua DPRD Setyo Sukarno, dan Wakil Bupati Wonogiri Edy Santosa.

Lebih lanjut Bupati Wonogiri menyampaikan, bahwa peringatan ini memiliki arti strategis, lebih dari sekedar mengenang sejarah kelembagaan untuk membangun motivasi dan dedikasi dalam memberikan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat, akan tetapi sekaligus sebagai bagian dari persiapan dalam menyongsong pelaksanaan agenda nasional yaitu Pemilihan Umum Tahun 2019.

Sangatlah tepat jika kemudian tema besar peringatan ini adalah: “Peningkatan Tramtibum Linmas Melalui Optimalisasi Peran Satpol PP, Satlinmas, dan Pemadam Kebakaran Guna Menyukseskan Pemilu Serentak 2019”.

Pada peringatan HUT Satpol PP ke-69, HUT Satlinmas ke-57, dan HUT Pemadam Kebakaran ke-100, saya mengajak seluruh personil untuk terus meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa, menjunjung tinggi ideologi Pancasila, menjadi sarana pemersatu bangsa, mengutamakan kepentingan bangsa dan negara, serta mengutamakan kepentingan masyarakat diatas kepentingan pribadi dan golongan dalam upaya mewujudkan ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat.

“Personil Satpol PP dan Satlinmas serta Pemadam Kebakaran, sebagai aparatur pemerintah daerah yang memiliki kompetensi handal di bidangnya, telah dibekali dengan kecerdasan lapangan sesuai dengan kondisi geografis daerah, berperan penting dalam turut menjaga ketentraman dan ketertiban umum dalam proses demokrasi ini,” kata Bupati membacakan sambutan Gubernur.

Mengawal proses demokrasi sampai ke tingkat masyarakat, dengan tetap siaga menjaga keamanan fasilitas pemerintahan, fasilitas umum, dan obyek vital masyarakat lainnya.

“Kepada seluruh anggota Satpol PP, Satlinmas, dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Wonogiri, saya ucapkan selamat, serta apresiasi yang setinggi-tingginya atas dedikasi dan loyalitas yang telah ditunjukkan selama ini. Tingkatkan terus kualitas pelaksanaan tugas sebagai abdi negara, abdi masyarakat dan abdi pemerintah, sehingga dapat lebih profesional, kompeten dan berintegritas tinggi yang diharapkan dapat lebih menunjang tugas pokok dan fungsi operasional di lapangan,” paparnya. Suarabaru.id/edi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here