blank
Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito, Kepala KPP Pratama Magelang Wiratmoko dan Perwakilan Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah II, Muhamad Riza, foto bersama dengan wajib pajak orang pribadi pembayar terbesar tahun bayar 2018, (Suarabaru.id/dok)

 

MAGELANG- Dua instansi Pemkot Magelang menerima penghargaan dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Magelang, sebagai wajib pajak (WP) terbaik.

Penghargaan diserahkan Kepala KPP Pratama Magelang Wiratmoko dan Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito, disaksikan perwakilan Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah II, Muhamad Riza, pada acara Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahun 2018 dan Tax Gathering di Hotel Grand Artos Magelang, Kamis (21/3/).

Kedua instansi tersebut adalah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Magelang kategori WP bendaharawan dengan pembayaran terbesar tahun 2018, dan Bendahara Umum Daerah Kota Magelang kategori bendahara instansi dengan jumlah pegawai telah lapor SPT tahunan e-Filling paling banyak.

‘’Penghargaan ini sebagai apresiasi kami kepada WP dengan kriteria tertentu. Diharapkan mendorong WP lainnya untuk meneladani,’’ kata Kepala KPP Pratama Magelang Wiratmoko.

Selain menyerahkan penghargaan,  pihaknya juga menyerahkan plakat bukti penerimaan SPT kepada Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito dan Wakil Bupati Magelang Edy Cahyana, sebagai bukti kedua pejabat tersebut sudah melaporkan SPT tahunan.

Wiratmoko memaparkan,  realisasi penerimaan pajak tahun 2018 di KPP Pratama Magelang sebesar Rp 795,22 miliar, atau mencapai 93,04 persen dari target sebesar Rp 854,73 miliar. Kota Magelang berkontribusi sebesar 47 persen dari capaian tersebut.

Adapun target penerimaan pajak tahun 2019, lanjut Wiratmoko, mencapai Rp 967,77 miliar. Sampai bulan Maret 2019 realisasi penerimaa pajak KPP Pratama Magelang telah mencapai 12 persen.

 

blank
Wali Kota Sigit Widyonindito menyerahkan penghargaan kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Taufik Nurbakin, kategori WP bendaharawan dengan pembayaran terbesar tahun 2018, (Suarabaru.id/dok)

Kepala Bidang Pendaftaran, Ekstensifikasi dan Penilaian  Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah II, Muhamad Riza, menyatakan salah satu strategi untuk memenuhi target adalah meningkatkan kepatuhan dan memperkuat basis data. Oleh sebab itu, pihaknya mengharapkan dukungan dari seluruh instansi Pemkot Magelang dan Pemkab  Magelang untuk memenuhi kewajiban penyampaian data.

‘’Dengan adanya database yang kuat, maka bisa membantu kami menggali potensi dalam rangka peningkatan penerimaan pajak,’’ ujarnya.

Riza menuturkan, adanya apresiasi dari KPP Pratama Kota Magelang kepada WP dapat memacu mereka untuk meningkatkan  kepatuhan kewajiban perpajakannya. Selanjutnya, kepada stakeholder, institusi, birokrasi, pimpinan daerah Kabupaten/Kota Magelang, pejabat Forkompimda dan asosiasi untuk mendukung dan bekerjasama guna mencapai pemenuhan target pajak tahun ini dan yang akan datang.

Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito berterimakasih atas apresiasi yang diberikan kepada instansi Pemkot Magelang sebagai WP terbaik. Ini salah satu wujud kepercayaan masyarakat Kota Magelang terhadap pajak makin tinggi.

‘’Bahkan dalam kurun 3-4 tahun terakhir, pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Kota Magelang mencapai lebih dari 100 persen, kisaran 112-115 persen. Kepercayaan masyarakat tinggi terhadap pajak, saya bangga, harus terus dijaga,’’ harapnya.

(Suarabaru.id/dh)