Bagikan
Penampilan tarian Pring Garung sebagai  pembuka Kirab Budaya Kabupaten Grobogan 2019. Foto: Hana Eswe

GROBOGAN- Salah satu agenda rutin tahunan yang diselenggarakan berkaitan Hari Jadi Grobogan ke-293 yakni Kirab Budaya. Tahun ini, kegiatan tersebut dipusatkan di Alun-alun sebelah timur. Tepatnya di depan Masjid Baitul Makmur.

Sekitar 14 kelompok budaya menjadi peserta dalam momen ini. Kegiatan ini juga disaksikan ribuan pasang mata masyarakat Kabupaten Grobogan. Hadir juga sejumlah tamu undangan diantaranya, Sekda Grobogan Moch Soemarsono, Wakapolres Kompol Dwi, Dandim 0717/Purwodadi Letkol Inf Asman Mokoginta, Kajari Grobogan Puji Triasmoro, Ketua PN Purwodadi Chyrilla Endah, dan sejumlah pejabat OPD se-Kabupaten Grobogan.

Kirab budaya ini dibuka Sekda Grobogan Moch Soemarsono dengan pemukulan gong dan pelepasan bendera start. Sebelum kirab berkeliling kota, peserta menunjukkan kebolehannya sekitar dua menit di depan para juri dan tamu undangan yang duduk di atas panggung kehormatan.

Kirab Budaya tahun ini mayoritas diisi tari-tarian dari 14 kelompok seni di Kabupaten Grobogan. Foto: Hana Eswe

Sebagai pembuka, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Grobogan berjalan lebih dulu disusul dengan penampilan dari Ikatan Duta Wisata Grobogan (IDWG)  dengan tarian tradisonal Jaka Tarub dan Dewi Nawang Wulan. Pertunjukan dilanjutkan dengan penampilan dari Laskar Pandawa yang memainkan alat musik kentongan dibarengi dengan pertunjukkan Grobogan Fashion Carnival (GFC).

Kemeriahan mulai terasa ketika adanya penampilan Tari Pring Garung. Tari tersebut merupakan penampilan pertama dalam kirab budaya ini. Antusiasme masyarakat terlihat pada saat para peserta tari tersebut menggerakkan tubuhnya selaras dengan irama musik.

Para peserta kirab ini mengelilingi Kota Purwodadi dengan rute Alun-alun-S. Parman-Jalan DI Panjaitan-Hayam Wuruk-Jalan Siswamiharja-Jalan R.Suprapto dan kembali ke Alun-alun. Terlihat pengamanan ketat juga dilakukan dalam kirab budaya ini.

Meski tahun ini kegiatan kirab budaya hanya diikuti 14 peserta saja. Namun, kegiatan ini tetap dinanti masyarakat. Terlihat di sudut-sudut jalan protokol Kota Purwodadi, mereka telah berkumpul menunggu penampilan para peserta kirab.

Terlihat juga, para petugas gabungan dari Satpol PP Grobogan, Polres Grobogan serta petugas TNI dari Kodim 0717/Purwodadi mengamankan jalannya kirab tersebut mulai pukul 13.00 WIB hingga berakhir pada 15.00 WIB.

“Saya sudah nunggu dari jam 12 siang tadi. Saya pikir pesertanya banyak. Ternyata, pesertanya hanya 14 saja. Lebih kreatif dari tahun kemarin. Semoga bisa lebih banyak yang kreatif di Kirab Budaya tahun depan dan jumlah pesertanya juga lebih banyak,” kata Martini, warga Grobogan yang ikut menonton acara ini.

suarabaru.id / Hana Eswe

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here