Bagikan
Seorang petugas unit Satwa melatih seekor anjing pelacak dengan berjalan di sekitar Mapolres Grobogan. Foto : hana eswe

GROBOGAN- Keterampilan dan kemampuan anjing pelacak yang dimiliki Unit Satwa (K9) Sat Sabhara Polres Grobogan terus dilatih guna mempersiapkan pengamanan Pemilu 2019. Sama halnya dengan manusia, sebelum latihan anjing-anjing tersebut melakukan ‘pemanasan’ yakni dimandikan. Usai dimandikan, kandang anjing-anjing tersebut juga dibersihkan petugas.

Anjing pelacak K9 milik Polres Grobogan ini mempunyai tiga kemampuan yaitu, melacak narkotika, bahan peledak dan penanganan unjuk rasa. Latihan ini ditujukan supaya anjing pelacak ini lebih mahir dan siap siaga jika dibutuhkan petugas sewaktu-waktu. Di samping itu, latihan ini juga dipergunakan untuk melatih kemampuan indra penciuman dan pelacakan supaya tetap terjaga baik dalam membantu tugas kepolisian. Hal tersebut dipertegas Kanit Satwa K9 Brigadir Lasito.

“Ibarat pisau, bila tidak dipakai dan diasah maka akan tumpul jika dipergunakan. Kami terus mengasah kemampuan alami anjing-anjing pelacak ini terutama indra penciumannya untuk melacak barang-barang yang mencurigakan,” kata Brigadir Lasito, Senin (11/3) di sela-sela latihan.

Menurut dia, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melatih dan menurunkan Unit Satwa ke lapangan. Yakni, kebersihan dan  kesehatan dari satwa tersebut. Dengan memperhatikan satwa sebelum latihan, anjing pelacak ini akan lebih jinak dan mau mematuhi perintah.

Meski pelaksanaan Pemilu Serentak masih satu bulan lagi, namun anjing pelacak ini tetap dilatih untuk meningkatkan kemampuan anjing pelacak tersebut. Mereka dilatuh bersama setiap hari sebab sewaktu-waktu anjing-anjing pelacak ini akan diperbantukan sewaktu-waktu. Terutama dalam pengamanan tugas teknis kepolisian. Termasuk kesiapan membantu pengamanan jelang pemilu nanti.

”Melalui pelatihan ini, kemampuan anjing akan meningkat dan semakin jinak. Selain itu, anjing pelacak ini dapat mengikuti seluruh perintah pawangnya sehingga anjing tersebut dapat semakin selaras dengan intruksi pimpinan dalam membantu kinerja pengamanan atau pelacakan,” pungkas Brigadir Lasito.

uarabaru.id/Hana Eswe

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here