blank
Wakil Ketua DPD RI Akhmad Muqowam

SEMARANG –  Bertolak dari upaya melihat realitas dan visi terkait kesiapan Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM)  Indonesia dalam menghadapi persaingan global, Perhimpunan Organisasi Alumni Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia (Himpuni) yang beranggotakan 39 PTN Indonesia, akan menggelar Seminar dan Dialog Nasional bertajuk ‘Kesiapan UMKM dan Ekonomi Kerakyatan di Era Revolusi 4.0’.

Menurut Ketua Panitia Dodik Tugasworo, seminar yang menghadirkan keynote speaker Menteri PUPR Basuki Hadimuljono tersebut akan berlangsung di Hotel Po Semarang (Ex Crowne Plaza Hotel) pada Selasa (12/3) mendatang. Selaku narasumber kegiatan adalah  Wakil Ketua DPD RI Akhmad Muqowam, Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK Nurhaida dan ekonom CORE Indonesia Hendri Saparini.

‘Melalui seminar ini juga diharapkan adal masukan dari pemangku  kepentingan, dan memberikan saran kepada pembuat kebijakan terkait kesiapan Sumber Daya Manusia, khususnya dalam pengembangan ekonomi kerakyatan Indonesia. Selanjutnya tercipta sinergitas demi menghadapi persaingan global,” kata Dodik di Semarang, Kamis (7/3).

Dijelaskan ketua DPD Ikatan Keluarga Alumni Undip Jateng itu, dalam forum nanti, menteri PUPR akan berbagi pengalaman bagaimana membangun infrastruktur khususnya terkait dengan dukungan kepada UMKM dan pengembangan ekonomi kerakyatan.

blank
Ekonom CORE Indonesia Hendri Saparini.

Selanjutnya Akhmad Muqowam, berbicara soal pembuatan dan pengawasan pelaksanaan legislasi  dalam mendorong tumbuhnya UMKM,  sedangkan Nurhaida  akan menyampaikan upaya-upaya pengaturan dan pengawasan kegiatan  perbankan, pasar modal, dan non-bank yang dapat diarahkan untuk mendukung kegiatan UMKM dan Ekonomi Kerakyatan. Pembicara lain, Hendri Saparini bicara tentang kebijakan publik yang berpihak kepada kepentingan publik seperti penciptaan lapangan kerja, pengentasan kemiskinan, dan pengurangan kesenjangan.

Komitmen

Ditambahkannya, bahwa seminar di Semarang ini merupakan kali ketiga yang diadakan  Himpuni, setelah Jakarta dan Palembang. Agenda seminar adalah  komitmen Himpuni menjadi garda terdepan dalam membangun negeri, khususnya  membangun kapasitas sumber daya manusia, mendorong inovasi, dan mengutamakan industrialisasi untuk menjadikan bangsa Indonesia sebagai  bangsa yang maju.

blank
Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK Nurhaida

Dikatakannya, salah satu  program unggulan adalah seminar tematik yang diselenggarakan di sejumlah kota dengan menghadirkan sejumlah narasumber dari berbagai elemen: presiden, wakil presiden,  menteri dan pimpinan lembaga tinggi negara, akademisi, praktisi lintas disiplin ilmu yang kompeten di bidangnya.

”Seminar ini digratiskan, dan kami menargetkan 1.000 peserta. Rencananya Gubernur Jateng Ganjar Pranowo juga akan hadir,” kata direktur RS Kariadi Semarang ini. Bagi yang berminat bisa menghubungi link pendaftaran http:/bit.ly/PendaftaranSeminarHIMPUNISemarang atau informasi Adit (081215372158).

Suarabaru.id/sl