blank
Wakil Wali Kota Windarti Agustina meresmikan Pasar Seni Magelang (PSM) dengan pengguntingan pita, (Suarabaru.id/dh)

 

MAGELANG – Wakil Wali Kota Windarti Agustina meresmikan Pasar Seni Magelang (PSM) yang berlokasi di Skylight Plaza, Jalan Tentara Pelajar, Kota Magelang. Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita.

PSM sebagai wadah promosi dan penjualan bersama pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), sekaligus menjadi pusat penjualan oleh-oleh khas Magelang dengan tagline, ‘one stop shopping’.

Ketua PSM, Tri Hastutik mengatakan, hadirnya pasar ini sebagai wujud cita-cita pelaku UMKM di Kota Magelang yang ingin memiliki pusat penjualan produk. Tidak hanya penjualan, tapi juga pameran dan segala aktivitas seni bisa dilakukan di tempat ini.

‘’PSM bisa menjadi etalase produk UMKM Kota Magelang. Sebanyak 17 outlet menyajikan beragam produk seperti kuliner, batik, kerajinan, makanan ringan, tanaman hias dan lainnya,’’ katanya kemarin.

Dia menuturkan, dibentuknya PSM merupakan usaha meningkatkan daya saing dan kualitas produk UMKM Kota Magelang. Termasuk manajemen usaha dan sarana pemasaran yang bisa dilakukan bersama.

‘’Untuk meramaikan pasar ini, kami berencana rutin mengadakan beragam kegiatan. Seperti pentas seni, workshop, pameran, pelatihan dan sebagainya. Kami juga akan terus menambah jumlah outlet agar makin lengkap dan meriah,’’ ujarnya.

Wakil Wali Kota Magelang, Windarti Agustina sangat mengapresiasi para pelaku UMKM yang berinisiatif membuat PSM ini. Pasar ini sebagai langkah kreatif dan inovatif dalam mempromosikan dan menjual produk UMKM.

‘’Tak dipungkiri, perkembangan ekonomi kerakyatan melalui sektor kreatif mampu mendorong partisipasi masyarakat untuk maju dan sejahtera bersama. Di era ekonomi kreatif ini yang diutamakan adalah inovasi,’’ terangnya.

Windarti mengemukakan, sektor UMKM masih memiliki peluang yang luar biasa. Terlebih, di Kota Magelang yang minim sumber daya alam (SDA), sektor UMKM dan jasa harus terus ditingkatkan. Bukan tidak mungkin, PSM ini menjadi destinasi baru di Kota Sejuta Bunga.

‘’Saya berharap PSM bisa menjadi daya tarik baru yang dapat memberi manfaat lebih kepada masyarakat. Dari sisi seni juga dapat memacu kreativitas anak-anak muda kita, sehingga PSM menjadi wadah mereka untuk berekspresi,” paparnya.

Windarti meminta, agar para pelaku UMKM selalu meningkatkan daya saing produk dengan memastikan kualitas dan mutunya. Begitu pula terus berinovasi dan temukan ide-ide baru guna memberi nilai tambah.

‘’Manfaat kemajuan teknologi informasi untuk memperluas pasar. Pemkot siap membantu perkembangan PSM ini. Misal ada tamu dari luar kota akan kami arahkan untuk datang ke PSM ini,’’ ungkapnya.

(Suarabaru.id/dh)