Bagikan
Nacho/dok

MADRID – Dalam delapan musim terakhir, Real Madrid tak pernah gagal menembus perempat final Liga Champions. Rekor mentereng itu akan coba dipertahankan saat Los Blancos menjamu Ajax Amsterdam pada babak 16 besar leg kedua di Santiago Bernabeu, Rabu (6/3) dini hari WIB. Modal Si Putih terbilang oke. El Real unggul 2-1 pada pertemuan pertama di Johan Cruyff Arena. Hasil imbang atau kalah 0-1 pun sudah meloloskan Los Merengues ke babak delapan besar. Meski tampil di kandang sendiri, performa Madrid tengah menurun. Karim Benzema dan kolega menelan dua kekalahan beruntun dari Barcelona di Bernabeu.

Selain itu El Real kehilangan bek tengah sekaligus kapten, yakni Sergio Ramos. Pemain belakang tangguh ini dihukum dua kali tak boleh turun oleh Uni Sepak Bola Eropa (UEFA) gara-gara ulahnya di lapangan. Tanpa Ramos jelas mengurangi kekuatan di barisan pertahanan. Pelatih Santiago Solari bakal menurunkan Nacho sebagai pengganti defender top itu. ”Dari sisi permainan, kami tidak ada masalah. Problemnya adalah kami kesulitan mencetak gol,” ungkap Santiago Solari.

Entrenador berkebangsaan Argentina itu bakal tetap memainkan skema 4-3-3. Komposisi lini depan dipastikan berubah. Posisi Gareth Bale diambil alih Lucas Vazquez. Vazquez dan Vinicius Junior disiapkan mengapit Karim Benzema sebagai bomber. Kegigihan dan mobilitas Vazquez diharapkan mampu menyokong penuh Benzema.

Bagaimana dengan Ajax? Wakil Belanda itu sudah sangat siap. Penampilan pasukan Erik ten Hag tengah merekah setelah memetik tiga tiga kemenangan beruntun di semua ajang. Matthijs de Ligt dan kawan-kawan mencetak 13 gol dan cuma sekali kebobolan. Ten Hag akan mengusung formasi 4-3-3. Kasper Dolberg dipercaya mengisi posisi striker. Penyerang asal Denmark ini ditemani Dusan Tadic dan David Neres.

Tadic, yang mengemas 12 gol dalam 14 penampilan terakhir bersama Ajax di semua kompetisi, bakal menjadi salah satu ancaman terbesar di Bernabeu. Neres yang lincah juga tak boleh dipandang sebelah mata. ”Kami percaya diri bisa melanjutkan performa bagus kami seperti pada pertandingan di Amsterdam,” ujar Ten Hag. Sementara gelandang Frenkie de Jong punya motivasi ekstra. Dia optimistis timnya bisa membalikkan jika mengacu pada penampilan Los Blancos yang cenderung labil. (rr)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here