Bagikan
Wakapolres Wonosobo Kompol Sopanah SH ikut mengangkut sampah yang dikumpulkan dari komplek Pasar Selomerto dalam acara bersih-bersih sampah bersama, Jum'at (1/3). (Foto: SuaraBaru.id/Muharno Zarka)

WONOSOBO-Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019, jajaran Kodim 0707, Polres, PNS Pemda Wonosobo dan pedagang Pasar Selomerto bekerja sama melakukan bersih-bersih sampah di sekitar kompleks Pasar Selomerto, Jum’at (1/3).

Acara bersih-bersih sampah dipimpin langsung oleh Kapolres Wonosobo AKBP Abdul Waras SIK dan Dandim 0707 Letkol Czi Fauzan Fadli SE. Turut dalam kerja bakti tersebut Sekda M.Zuhri, Wakapolres Kompol Sopanah, pejabat utama Polres dan unsur Forkompincam Selomerto.

Selain diikuti langsung oleh unsur Forkompimda dan Forkompincam Selomerto, resik-resik kompleks pasar juga menyertakan satu pleton anggota Polres, Kodim, BPBD, Satpol PP Wonosobo dan pedagang setempat. Sampah yang semula di area pasar dalam sekejab bisa dibersihkan.

Kapolres AKBP Abdul Waras SIK mengatakan kegiatan tersebut diselenggarakan sebagai wujud sinergritas jajaran Polres, Kodim, Pemkab dan pedagang setempat dalam rangka menyemarakan HPSN dan kepedulian terhadap lingkungan yang bersih dan sehat.

“Semua tahu kebersihan sebagian dari iman. Untuk itu semua pihak diharapkan bisa sadar akan pentingnya lingkungan yang bersih, sehat dan indag. Sebagai aparat pemerintah harus bisa menjadi teladan dan panutan masyarakat, termasuk menyangkut kebersihan sampah,” katanya.

Dampak Negatif

Hal senada diungkapkan Dandim 0707 Letkol Czi Fauzan Fadli SE. kegiatan bersih-bersih sampah merupakan bentuk rasa kepedulian Kodim, Polres, Pemda dan masyarakat terhadap lingkungan sekitar tempat tinggal maupun fasilitas publik lainnya.

“Sampah apabila tidak dikelola dengan baik akan bisa berdampak negatif bagi lingkungan dan masyarakat, seperti menimbulkan penyakit, banjir, dan merusak ekosistem yang lain,” tegasnya

Dikatakan Fauzan, kerja bakti tersebut bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan bebas sampah. Kerja bakti bersama ini akan lebih memberikan semangat dan berdampak positif kepada masyarakat. Masalah sampah merupakan tanggungjawab bersama.

Pedagang Pasar Selomerto dan masyarakat sekitar mengaku senang jajaran Kodim, Polres, dan Pemda bersama-sama melaksanakan kerja bakti tersebut. Sebab, dengan kegiatan tersebut dapat menunjukan kepada masyarakat tentang pentingnya lingkungan yang bersih.(SuaraBaru.id/Muharno Zarka)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here